PENERAPAN MODEL MIND MAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
Abstract
Penelitian ini bertolak pada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran TIK dengan menggunakan model mind map?, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran TIK dengan menggunakan model mind map?, (3) Bagaimanakah respon siswa dalam pembelajaran TIK dengan menggunakan model mind map?, (4) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar TIK dengan menggunakan model mind map pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kuningan?, (5) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam mata pelajaran TIK antara siswa yang menggunakan model Mind Map dengan siswa yang menggunakan model TPS (Think, Pair, and Share) pada siswa kelas VII di SMPN 4 Kuningan?.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui dan menganalisis model rencana pelaksanaan pembelajaran TIK dengan menggunakan mind map, (2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran TIK dengan menggunakan model mind map, (3) untuk mengetahui dan menganalisis respon siswa dalam pembelajaran TIK dengan menggunakan model mind map, (4) untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar TIK dengan menggunakan model mind map pada siswa kelas VII di SMPN 4 Kuningan, (5) untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam mata pelajaran TIK antara siswa yang menggunakan model Mind Map dengan siswa yang menggunakan model TPS (Think, Pair, and Share) pada siswa kelas VII di SMPN 4 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre test-post test control group desain. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes hasil belajar. Sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling sebanyak 82 siswa, dengan rincian 41 siswa di kelas eksperimen dan 41 siswa di kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model Mind Map dengan siswa yang menggunakan model TPS (Think, Pair, and Share). Di mana pembelajaran dengan menggunakan model Mind Map lebih efektif karena mencapai 71,80% dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model TPS (Think, Pair, and Share) mencapai 51,32% pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal tersebut dapat dilihat dari gain perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 57,96% dan gain hasil belajar siswa kelas kontrol mencapai 38,73%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, diharapkan untuk para guru agar dapat meningkatkan kreativitasnya dalam mengembangkan proses belajar mengajar khususnya dalam kreativitas teknik mencatat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.