PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan aplikasi E-Learning berbasis web pada SMA Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan agar dapat membantu dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu masalah yang dihadapi oleh guru maupun peserta didik, seperti kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik karena terbatasnya waktu pembelajaran di dalam kelas, peserta didik tidak bisa menerima sepenuhnya materi yang diajarkan oleh guru, dan tentunya untuk memudahkan guru dalam memberikan materi kepada peserta didik. Hasil yang dicapai adalah ketersediaan aplikasi pendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar yang bisa diperoleh tanpa terikat waktu dan tempat. Kesimpulan dengan adanya E-Learning berbasis web ini adalah untuk memudahkan komunikasi guru dengan peserta didik, pemberian materi pelajaran, memudahkan pemberian tugas. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII pada SMA Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random atau sampel acak. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest - posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lebakwangi Kabupaten Kuningan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara variabel Independen (x) dengan variabel lainnya, dengan hasil terakhir thitung sebesar 3,946 dan ttabel = 1,678, karena thitung = 3,946 > ttabel = 1,678. Sehingga dapat diasumsikan bahwa Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode pembelajaran e-learning berbasis web lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran biasa (konvensional). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.