SURVEI MEDIA PROMOSI ONLINE TAPE KETAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

  • Muno STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dena Latif Setiawan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pengambilan keputusan di dunia yang dinamis dan an satu set alternatif dan pilihan yang paling tepat dari altemnatif-altematif tersebut uberkembang pesat merupakan tantangan utama. Pengambilan keputusan pada dasarnya melibatkntuk dieksekusi. Pada dasarnya manusia adalah pengambil keputusan. Segala sesuatu yang dilakukan secara sadar atau tidak adalah hasil dari beberapa keputusan. Informasi yang dikumpulkan membantu untuk memahami kejadian, mengembangkan penilaian yang baik, selanjutnya untuk membuat keputusan. Kerumitan masalah untuk diambil keputusannya bukan hanya terletak pada
ketidak sempurnaan informasi, tetapi juga disebabkan karena dihadapkan dengan masalah yang sangat kompleks, banyak faktor/kriteria ikut terkait. Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode yang dikembangkan oleh Profesor Thomas L. Saaty ini merupakan metode untuk memecahkan suatu situasi yang kompleks dan tidak terstruktur ke dalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki, dengan memberi nilai subyektif tentang pentingnya setiap elemen secara relatif, dan menetapkan elemen mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Penelitian ini juga bertujuan memecakan masalah yang kompleks yaitu memilih media promosi online guna membantu meningkatkan penjualan produk khususnya dalam penjualan tape ketan, dengan semakin ramainya orang menggunakan media online untuk mempromosikan produknya maka peneliti mencoba untuk memilih tiga media online yaitu : Facebook, Instagram dan Tiktok sebagai bahan yang akan dibandingkan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk membantu memilih media online yang cocok untuk promosi tape
ketan

Keywords: Media Online, Metode Analitical Hierarchy Process, Tape Ketan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 31 times