PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKBERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TOOLS KONDULAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK N 1 JAPARA

  • Imam Abu Yusup STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dena Latif Setiawan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Dalam dunia pendidikan, peranan media pembelajaran sangat penting yang berguna untuk menghidupkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini, dikaji mengenai penggunaan e-book berbasis android serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik pada pada mata pelajaran Desain Grafis di kelas XI Multimedia, tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli s.d Agustus 2019 di SMKNegeri 1 Japara. Metode penelitian kuantitatif serta rancangan desain pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 170 siswa, dengan teknik teknik Sampling Jenuh dan 170 siswa sebagai sampel penelitian, kelas XI Multimedia 1 sebagai kelas ekperimen dan XI Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Diperoleh rata – rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 52,83setelahnya dilakukan treatment pembelajaran menggunakan e-book berbasis android didapat hasil rata - rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 66,86. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil. Serta menggunakan instrument yang telah tervalidasi, selanjutnya dilakukan uji coba instrument, jumlah butir soal yang valid sebanyak 19 dengan bentuk instrumen pilihan pilihan ganda. Berdasarkan analisis statistik dengan uji t diperoleh nilai Mean Difference sebesar 14,028disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sesudah mendapatkan perlakuan pembelajaran e-book berbasis Android pada mata pelajaran Desain Grafis di SMK N 1 Japara

Keywords: Hasil Belajar, E-Book, Android, Desain Grafis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 109 times
PDF downloaded = 127 times