PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMKN 1 JAPARA DALAM KEGIATAN BELAJAR DI ERA PANDEMI
Abstract
1.Bagaimana bentuk dari pengembangan layanan aplikasi E-konseling 2.Bagaimana pengaruh keaktifan siswa terhadap terhadap mata pelajaran setelah melakukan konsultasi melalui layanan aplikasi E-Konseling 3.Bagaimana respon siswa terhadap e-konseling 1.Untuk mengembangkan aplikasi E-Konseling. 2.Untuk mengetahui keaktifan siswa terhadap layanan E konseling yang dapat membantu siswa dalam mengungkapkan masalah yang dialaminya. 3.Untuk mengetahui respon siswa terhadap layanan e konseling Desain Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Model R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan),Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) karena model penelitian dan pengembangan ini lebih rasional dan lebih lengkap dibanding model lainnya menurut langkah-langkah pengembangan produk. Sesuai data angket survei yang saya kumpulkan bahwa berdasarkan tabel diatas maka hasil presentase pengujian usability dengan nilai 82,7% masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan memenuhi aspek usability. 2. Dari hasil survei untuk pengembangan dan efektifitas / penggunaan aplikasi e konseling sangat amat berpengaruh guna menyelesaikan suatu permasalahan yang di alami peserta didik, dalam tenggang waktu yang tidak terbatas.