EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN 2 CIREBON

  • Mimin Mintarsih STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Asep Mahpudin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) berdampak pada dunia pendidikan Adanya wabah COVID-19 ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka menjadi menjadi jarak-jarak (Daring) yang berujung pada rendahnya prestasi belajar. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa belajar, salah satu diantaranya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dianggap efektif saat Pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan (1) Mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan Pembelajaran Online di MAN 2 Cirebon yang dilakukan oleh guru dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah ; (2) Mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan Pembelajaran Online di MAN 2 Cirebon yang dilakukan oleh siswa dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah, dan (3) Untuk mendiskripsikan efektifitas Pembelajaran Online dengan menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Cirebon.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan April s.d Juni 2021 dengan terdapat temuan-temuan berikut; pertama Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Online di MAN 2 Cirebon yang dilakukan oleh guru dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah sebesar 85,54% termasuk pada katagori “Sangat Kuat / Sangat Efektif”. kedua, Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Online di MAN 2 Cirebon yang dilakukan oleh siswa dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah sebesar 84,49% termasuk pada katagori “Sangat Kuat / Sangat Efektif”; dan ketiga, Efektifitas Pembelajaran Online di MAN 2 Cirebon dengan Menggunakan Aplikasi E-Learning Madrasah terhadap hasil belajar siswa MAN 2 Cirebon sebesar 78,01% termasuk pada katagori “Efektif”

Keywords: Efektifitas, E-Learning

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 171 times
PDF downloaded = 157 times