PENGEMBANGAN PLATFORM WARUNG ONLINE BERBASIS PRESTASHOP SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK UMKM KABUPATEN KUNINGAN

  • Cecep Supendi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sofhian Fazrin Nasrulloh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dengan cara mengolahnya menjadi makanan atau minuman khas Kuningan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. para pelaku UMKM masih belum mengetahui cara untuk meningkatkan penjualan dalam situasi yang serba terbatas. Tujuan dari penelitian ini : (1) mengembangkan platform warung online (2) mengetahui kelayakan platform warung online (3) untuk mengetahui respon masyarakat. Hasil penelitian ini adalah : (1) penelitian ini menggunakan CMS Prestashop. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R&D menggunakan model ADDIE. (2) Uji kelayakan produk dilakukan dalam 2 tahap yaitu uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh 2 orang ahli media dan uji beta dilakukan kepada 10 orang terdiri dari 5 orang pelaku UMKM dan 5 orang pembeli. Hasil dari penelitian ini adalah 81,4% dengan kategori layak. (3) Respon masyarakat mengenai platform warung online ini cukup baik karena mereka terbantu dalam mempromosikan produknya secara online.

Keywords: E-Commerce, UMKM, Prestashop

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 968 times
PDF downloaded = 731 times