Konsep Pendidikan Multikultural Sebagai Penguatan Dakwah Kultural Muhammadiyah Di Lembaga Pendidikan
Konsep Pendidikan Multikultural Sebagai Penguatan Dakwah Kultural Muhammadiyah Di Lembaga Pendidikan
Abstrak
Abstrak
Jurnal ini mengulas tentang bagaimana konsep Pendidikan multikultural sebagai penguatan dakwah kultural Muhammadiyah di Lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah bagaimana konsep Pendidikan multikultural yang ada di dalam Lembaga Pendidikan di Muhammadiyah itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research) atau yang disebut dengan studi literatur adalah suatu metode yang penulis gunakan untuk menggali berbagai bahan kepustakaan yang ada hubungannya dengan pokok kajian dalam penulisan artikel ini. Adapun instrument penelitiannya menggunakan latar alamiah, dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan karena peneliti di hadapkan langsung dengan data atau teks yang disajikan, bukan melalui data lapangan atau saksi mata melainkan peneliti hanya berhadapan langsung dengan sumber yang ada di perpustakaan atau bersifat siap pakai. Hasil penelitian berupa data dan kesimpulan tentang konsep Pendidikan multikultural yang sangat baik untuk digunakan sebagai sarana penguatan dakwah kultural khususnya di Lembaga Pendidikan.
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Dakwah Pendidikan, Lemabaga Pendidikan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
ASRIL, A. (2018). FITRAH MANUSIA DAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 215. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.835
Azis, R. (2019). Dr. Hj. A. Rosmiaty Azis, M.Pd.I. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf
Bungo, S. (2014). Pendekatan Dakwah Kultural. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(2), 209–219.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Desa, D., & Kecamatan, B. (2022). Pelatihan d an Pembinaan Da ’ i Cilik T K / TPA Masjid Jami Ushuluddin. 1(1), 34–38.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Husein, A. (2017). Dakwah Kultural Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1), 91. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v1i1.831
Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.
Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
KBBI. (1990).
Lenggono, W. (2018). Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 43–62. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2897
Mu’ti, A., & Khoirudin, A. (2019). Pluralisme Positif: Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan Muhammadiyah.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083–1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Octalia, E. (2020). Dakwah Kultural: Relasi Islam Dan Budaya Lokal. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 179. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v3i2.1548
Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Dian Permana, Hisam Ahyani Jurnal Tawadhu, 4(1), 997.
Presiden Republik Indonesia. (2003). UU Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan NASIONAL. Pusdiklat Perpusnas, 18(1), 6.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sablik, M. J., Rios, S., Landgraf, F. J. G., Yonamine, T., De Campos, M. F., Kim, J. H., Semiatin, S. L., Lee, C. S., Babu, J., Dutta, A., ABNT, Asm, A. N., Publication, I., Huang, J. C., Barnes, J. E., Williams, J., Blue, C. A., Peter, B., Asaadi, E., … Foram, Q. (2012). (2012). PENDIDIKAN KADER MUHAMMADIYAH (Studi Empiris di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta Periode 2005-2010). Acta Materialia, 33(10), 348–352. http://dx.doi.org/10.1016/j.actamat.2015.12.003%0Ahttps://inis.iaea.org/collection/NCLCollectionStore/_Public/30/027/30027298.pdf?r=1&r=1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmrt.2015.04.004
Safei, S., & Hudaidah, H. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3253
Sugiyono. (2015). Identifikasi Variabel. 15(2), 38.
Zarro, M. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 61–66. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21503
Zulkarnain, Z. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Pembangunan Nilai Kerendahan Hati Dan Nilai Toleransi Tinjauan Al-Quran. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 61–76. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.4