PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH DALAM BERPAKAIAN SYAR’I
Abstrak
Tulisan ini mengulas tentang bagaimana pedoman hidup islami warga Muhammadiyah dalam berpakaian Syar’i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Muhammadiyah dalam memandang pakaian syar’I dan bagaimana Muhammadiyah mengatur hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode studi pustaka (studi pustaka adalah metode yang menggunakan bahan kepustakaan sebagai sumber data). Adapun instrument penelitiannya menggunakan latar alamiah, dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan karena peneliti di hadapkan langsung dengan data atau teks yang disajikan, bukan melalui data lapangan atau saksi mata melainkan peneliti hanya berhadapan langsung dengan sumber yang ada di perpustakaan atau bersifat siap pakai. Hasil penelitian berupa data analisis tentang pandangan Muhammadiyah tentang berpakaian syar’I berdasarkan pedoman hidup islami warga muhammadiyah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
Afifah, N. (2019). Pakaian Syar’I, Media Dan Konstruksi Kesalehan Perempuan. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(1), 61. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i1.1544
Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 43–56. https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2099
Anwar, S. (2018). Manhaj Tarjih Muhammadiyah. Panitia Musyawarah Nasional Tarjih Muhammadiyah, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.
Bimrew Sendekie Belay. (2022). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERPAKAIAN SYAR’I PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Irdawati. (2022). Pelatihan d an Pembinaan Da ’ i Cilik T K / TPA Masjid Jami Ushuluddin. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–38.
Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. In Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya.
Riau, universitas muhammadiyah. (2021). PEDOMAN KEHIDUPAN ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Salah, M., Syarat, S., Gelar, M., Ushuluddin, S., Ilmu, P. S., Fakultas, T., & Adab, U. (2015). Pakaian syar’i dalam pandangan al-qur’an iain palopo skripsi.
Sugiyono. (2015). Identifikasi Variabel. 15(2), 38.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). IMPLEMENTASI LAYANAN ICS-GD DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN DAN SIKAP SISWA TENTANG NILAI-NILAI KEHIDUPAN ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH DKI JAKARTA. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Zarro, M. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 61–66. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21503