IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENYELESAIKAN PERBEDAAN MINAT SISWA DI SMK WIRAKARYA 2 CIPARAY

  • Rinda Nurapriliani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen konflik dalam mengatasi perbedaan minat siswa di SMK Wirakarya 2 Ciparay. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tanya jawab, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dalam tiga langkah: reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengetahui minat siswa di SMK Wirakarya 2 Ciparay terjadi saat menerima siswa baru dan memilih jurusan yang disukainya. kemudian dilakukan tes psikotes dan TKD untuk mengetahui kemampuan dan minat para siswa tersebut pada jurusan yang dipilih. Penanganan konflik dalam perbedaan minat siswa di SMK Wirakarya 2 Ciparay melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi yang digunakan untuk mengelola konflik perbedaan minat siswa di SMK Wirakarya 2 Ciparay yaitu tes pada siswa, menciptakan suasana belajar yang nyaman,  komunikasi yang baik dengan siswa, kerjasama dengan orang tua siswa, dan menyediakan tempat untuk mengembangkan minat siswa siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asiah, S. (2017). Manajemen Konflik Teori dan Aplikasi. Gorontalo: Pustaka Cendekia.
Cwitherington. (t.thn.). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalimunthe, S. F. (2016). Manajemen Konflik dalam Organisasi. Jurnal penididikan, Vol 2, No 1.
Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Mardhiah, A., & Julike, M. (2022). Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik Di Min 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues. Jurnal Intelektualita Prodi MPI,, Vol 11 No 2.
Muspawi, M. (2014). Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian konflik dalam organisasi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol 16 No 2.
Nelissa, Astuti, & Martunis. (2018). Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Proses Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol 4 No (1), 78–83.
Slameto. (1995). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarta. (2010). Konflik dalam Organisasi (Merugikan sekaligus menguntungkan). Efesiensi Kajian Ilmu Administrasi, Vol X No 1.
Waedulloh, H. (2014). Manajemen Konflik dalam perspektif Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol 15. No 1
Diterbitkan
2023-10-13
Abstrak viewed = 205 times
PDF (English) downloaded = 112 times