MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS PURBALINGGA

  • Firdaus Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hermawan Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstrak

Manajemen kesiswaan menempati posisi yang strategis, karena sentral layanan pendidikan, baik dalam latar institusi sekolah maupun yang berada di luar latar institusi sekolah, tertuju kepada peserta didik. Manajemen kesiswaan tidak semata-mata hanya melakukan pencatatan data peserta didik, akan tetapi meliputi aspek yang lebih luas lagi, yaitu dapat membantu upaya pertumbuhan anak melalui proses pendidikan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian setelah pengumpulan data selesai, dilanjutkan dengan reduksi data sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sistem manajemen kesiswaan di MI Muhammadiyah Karanglewas terbagi menjadi empat tahap diantaranya proses analisis kebutuhan siswa, penerimaan dan orientasi siswa baru, bimbingan perkembangan siswa, serta evaluasi dan pelaporan hasil belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Fadhilah. 2017. “Manajemen Kesiswaan Di Sekolah.” SERAMBI TARBAWI. Jurnal Studi Pendidikan, Riset, dan Pengembangan Pendidikan Islam 5(2): 103–20.
khoirunisa, Neneng. 2019. “Manajemen Kesiswaan.” Ria Sita Ariska 9(20): 834.
Mesi Satrianti. 2019. “Manajer Kesiswaan.” Jurnal ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana 13(3): 292.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “Manajemen Peserta Didik Di MI Mathlaul Anwar Natal Kabupaten Lampung Selatan.” Suparyanto dan Rosad (2015 5(3): 248–53.
Diterbitkan
2023-10-13
Abstrak viewed = 82 times
PDF (English) downloaded = 95 times