STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MUHAMMADIYAH KOTA BANDUNG
Abstract
Guru merupakan instrumen yang sangat penting dalam pendidikan untuk mewujudkan proses akademik yang bermutu. Guru dituntut menjadi seseorang yang bekerja secara professional dalam melaksanakan tugasnya agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Guru dikatakan professional apabila memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh regulasi yang diatur oleh pemerintah maupun aturan yang dibuat oleh lembaga tempat guru tersebut bekerja. Salah satu permasalahan yang sering dijumpai dalam sebuah lembaga pendidikan yaitu masih rendahnya kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya. Permasalahan yang sering dijumpai yaitu guru belum memahami sistem pembelajaran. Tujuan dibuatnya artikel ini yaitu untuk melihat strategi yang digunakan oleh MTs Muhammadiyah Kota Bandung dalam mengembangkan profesionalisme guru. Hasil dan pembahasan yang didapatkan dari penelitian tersebut yaitu ada 3 strategi yang digunakan oleh Mts Muhammadiyah Kota Bandung diantaranya melalui ; (1) Seleksi dan rekrutmen; (2) Pendidikan dan pelatihan; (3) Pembinaaan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi lapangan dan wawancara secara langsung
Downloads
References
Rusdin ( 2017 ). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 2 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 200-212.
Slameto (2013). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Menuju Guru Abad 21 Melalui Pelatihan Model „Training and Development Personnel‟ Beserta Faktor Penentu Keberhasilannya . Seminar Nasional “Politik Pendidikan Nasional Dalam Tantangan” Program Pascasarjana UNY 5 Oktober 2013 (pp. 1-9). Yogyakarta: UNY
Duli, David Thomas (2016). Pengembangan Sikap Profesional." Jurnal Universitas Cendana 13. (2016).
Mulyana, E. (2008) Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2012) Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardhiah, Ainon, Yusrizal , Usman Nasir. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireun, diakses dari A Mardhiah, N Usman – Jurnal Administrasi Pendidika. jurnal.unsyiah.ac.id.
Priansa, Donni, Juni. (2014) Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. 10-12.
Moleong J Lexy. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya. 2004. Bandung.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta