IMPROVING THE WRITING SKILLS ON INVITATION CARD USING WRITING PICTURE LEARNING MODEL IN CLASS X STUDENTS OF SMK KARYA NATIONAL KUNINGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis invitation card dengan menerapkan model pembelajaran writing picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Nasional Kuningan pada siswa kelas X. Data hasil penelitian dianalisis secara statistic deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan model pembelajaran writing picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I Siswa mencapai nilai rata-rata 7.0 dengan rincian: nilai 8.5 kategori baik sebagnyak 4 siswa (13%), nilai 8 kategori baik 8 siswa (25%), nilai 7 kategori cukup 2 siswa (6%), kategori hampir cukup sebanyak 18 siswa (56%). Sehingga pada siklus I ini dapat dikategorikan kedalam kelompok hampir cukup. nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus II ini adalah 80 dengan rincian nilai 90 dengan kategori baik sekali sebanyak 5 siswa (16%), nilai 85 kategori baik sebanyak 8 siswa (25%), nilai 80 kategori baik sebanyak 4 siswa (13%), nilai75 kategori lebih dari cukup sebanyak 12 siswa (38 %) dan nila 7 kategori cukup sebanyak 3 siswa (9%), sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis invitation card dengan menggunakan model pembelajaran writing picture dalam siklus II berada dalam kelompok baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran writing picture dapat meningkatkan keterampilan menulis invitation card pada pelajaran bahasa inggris.