IMPROVING THE STUDENT'S ABILITY TO WRITE PROCEDURE TEXT THROUGH THE MIND MAPPING METHOD IN CLASS XI SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN

  • Santy Nursartka SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur siswa dengan menerapkan metode mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Nasional Kuningan pada siswa kelas XI. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar berupa lembar observasi dan prestasi belajar berupa tes tulis. Data hasil penelitian dianalisis secara statistic deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I dengan rata – rata 68, 86 dengan ketuntasan belajar 65,71% dan rata – aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 77,43 dengan ketuntasan belajar sebesar 82,86%. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada pelajaran bahasa inggris.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-09-30
Abstrak viewed = 46 times
PDF (English) downloaded = 48 times