PENANAMAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI

  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Erna Juherna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Chitra Charisma Islami STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai agama pada PAUD di RA bani Utsman Darma. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, dependabilitas ketergantungan, dan jaminan konfirmabilitas. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif analisis Miles & Huberman yaitu Pengumpulan Data, Tampilan Data, Reduksi Data, dan Gambar Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama pada anak-anak di RA Bani Utsman sudah ditanam dengan baik, pembudidayaannya melalui kebiasaan membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan. pembiasaan amalan shalat, pembiasaan tingkah laku yang baik. Ini ditanamkan melalui pembiasaan, bercerita, menyanyi, karyawisata dan modeling.

 

Keywords: Nilai Agama, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, B. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1),19.https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Bartkowski, J. P., Xu, X., & Levin, M. L. (2008). Religion and child development: Evidence from the Early Childhood Longitudinal Study. Social Science Research, 37(1), 18–36.https://doi.org/10.1016/j.ssresearch.2007.02.001
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING
BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1),19.https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Nudin, B. (2016). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE MONTESSORI DI SAFA ISLAMIC PRESCHOOL. XVI(1).
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 2944.https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Santrock, J. W. (2007). Child Development (8th ed.). McGraw-Hill.
Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48.
Sukoyo, J. (2017). EFEKTIVITAS LAGU-LAGU BERBAHASA JAWA UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Jurnal Kependidikan, 1(2), 163–173.
Sumadi, T., Yetti, E., Yufiarti, Y., & Wuryani, W. (2019). Transformation of Tolerance Values (in Religion) in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 386400.https
://doi.org/10.21009/jpud.132.13
Tannebaum, R. P. (2018). Teaching about religion within early childhood and elementary social studies: Exploring how preservice teachers perceive their rights and responsibilities as educators. Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 30–48. https://doi.org/10.17499/jsser.63838
Published
2022-04-22
Abstract viewed = 645 times
PDF downloaded = 444 times