Jurnal Pelita PAUD https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud <p style="text-align: justify;">Journal Pelita PAUD&nbsp; is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, STKIP Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal PAUD Pelita is published twice a year, namely in June and December. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. Journal Pelita PAUD&nbsp; contains various disciplines of <strong>Early Childhood Education</strong>, especially in the scope of <strong>ECE learning</strong>, <strong>policy</strong>, <strong>parenting</strong>, <strong>child development</strong>, and <strong>early chilhood problems</strong>.</p> en-US pelitapaud@upmk.ac.id (-) pelitapaud@upmk.ac.id (-) Sun, 26 May 2024 15:30:02 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Tunagrahita di SLB Fajar Harapan https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/2514 <p style="text-align: justify;">Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang lahir dengan kebutuhan khusus yang&nbsp; berbeda dengan individu lainnya maka dari itu mereka juga membutuhkan pelayanan yang khusus pula. Anak yang memiliki kemampuan intelektual dan kognitif dibawah rata-rata dibandingkan orang pada umumnya maka ia adalah penyandang tunagrahita. Anak tunagrahita cenderung sulit untuk berpikir secara logis dan memahami aturan sosial, artikel ini bertujuan&nbsp; untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif bagi anak penyandang tunagrahita yang dilakukan oleh SLB Fajar Harapan Surabaya. Metode yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita dan guru di SLB Fajar Harapan Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian materi pembelajaran siswa tunagrahita berbeda dengan jenis siswa berkebutuhan khusus lainnya. Dalam pelaksanaannya, guru di SLB Fajar Harapan Surabaya melakukan pemberian materi yang terdapat di kurikulum secara bertahap kepada siswa penyandang tunagrahita.</p> Tiara Putri Sutanto, Elisabeth Christiana Copyright (c) 2024 Tiara Putri Sutanto, Elisabeth Christiana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/2514 Mon, 27 May 2024 03:36:39 +0000 Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3280 <p style="text-align: justify;">Pendekatan terhadap masalah, kesulitan mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli dan tidak klise, kesulitan menguraikan sesuatu secara terperinci, dan kesulitan meninjau suatu persoalan berdasarkan perspektif yang berbeda dengan yang sudah diketahui oleh banyak orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil kreativitas kreativitas anak usia dini melalui media loose parts. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya seluruh anak PAUD di RA Binaul Ummah tahun 2022/2023 yang berjumlah 33 anak (18 laki-laki dan 15 perempuan). Kesimpulannya bahwa pada penelitian siklus I diketahui anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik hanya 1 anak (3%). Kemudian pada perbaikan siklus II anak kreativitas meningkat menjadi 7 anak (21%) dan pada siklus III bertambah menjadi 28 anak (85%). Dengan demikian proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan dalam pembelajaran melalui media loose parts dapat meningkatkan kreativitas anak.</p> Sri Yeyet, Ajeng Rahayu Tresna Dewi Copyright (c) 2024 Sri Yeyet, Ajeng Rahayu Tresna Dewi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3280 Mon, 27 May 2024 04:07:43 +0000 Pengaruh Penggunaan Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3350 <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anak usia 5 sampai 6 tahun dipengaruhi oleh media buku besar dalam hal kemampuan berbicaranya. Dalam penelitian ini, digunakan desain pra-eksperimental kelompok pre-test-post-test tipe I dengan pendekatan kuantitatif dan metodologi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 43 anak muda. Tiga puluh anak, usia lima hingga enam tahun, yang dipilih melalui seleksi purposif menjadi sampel penelitian. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data pada hasil <em>penilaian pre-test </em>dan <em>post-test. </em>Selanjutnya, dengan membandingkan nilai Sig, diuji pentingnya data tersebut. (2-tailed) dan nilai α. Nilai Sig ditentukan dengan menggunakan data pre-test dan post-test hasil temuan uji t berpasangan. Ketika nilai 2-tailed sebesar 0,000 maka nilai α sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig 2-tailed lebih kecil dari nilai α (0,000 &lt; 0,05). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia antara lima dan enam tahun mendapat manfaat dari paparan media cetak besar dalam hal kemampuan berbicara mereka.</p> Prestisia Ananda, Asih Budi Kurniawati Kurniawati, Devi Nawangsasi Copyright (c) 2024 Prestisia Ananda, Asih Budi Kurniawati Kurniawati, Devi Nawangsasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3350 Mon, 27 May 2024 06:12:13 +0000 Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Pada https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3595 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menguji&nbsp;pengaruh penggunaan media <em>Game</em>&nbsp;Interaktif &nbsp;terhadap kemampuan literasi dasar&nbsp;anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk&nbsp;quasi eskperimen. Populasi pada penulisan yaitu seluruh anak di Taman Kanak- Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dari kemampuan literasi dasar anak dengan indikator berupa mengamati, menanya, mendapatkan pengetahuan baru&nbsp;(eksplorasi), serta asosiasi. Hasil analisis data dengan nilai rata-rata pre-test eksperimen&nbsp;12,0&nbsp;dan untuk rata-rata pre-test kontrol 12,8. Perbedaan rata-rata post-test di kelas eksperimen 18,1 dan rata-rata post-test&nbsp;di kelas kontrol adalah 16,3. Dengan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa media augmented reality flashcard berpengaruh sebesar 0,001&nbsp;&lt; 0,05 terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang.</p> Voni Riskita Putri, Delfi Eliza Copyright (c) 2024 Voni Riskita Putri, Delfi Eliza https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3595 Mon, 27 May 2024 06:41:49 +0000 Kegiatan Market Day Dalam Penanaman Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3616 <p style="text-align: justify;">Menyematkan prinsip-prinsip kewirausahaan pada anak memiliki signifikansi yang besar. Sekolah Alam Babel mengadakan kegiatan market day sebagai bagian dari program "Pengusaha Kecil," yang bertujuan mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak-anak sejak usia dini. Fokus kegiatan ini bukan hanya pada market day, melainkan juga melibatkan anak-anak dalam persiapan, pengemasan produk, dan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkap kondisi nyata dalam meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan melalui kegiatan market day di Sekolah Alam Babel. Hasil&nbsp; kegiatan <em>market day</em> dapat dijadikan sebagai sarana penanaman nilai-nilai kewirausahaan sejak dini setelah lulus mereka bukan lagi pencarikerja, melainkan membuka lapangan pekerjaan. Tentu saja, dengan menerapkan metode yang simpel dan mudah dimengerti oleh anak-anak, ini mencakup <em>market day</em>, yang melibatkan beberapa langkah, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, persiapan kegiatan, pelaksanaan, hingga penilaian dan evaluasi. Tahapan <em>market day</em>, ditekankan pula pengembangan nilai-nilai kewirausahaan seperti kemandirian, sikap kreatif, nilai kepemimpinan, dan kemauan untuk mengambil risiko, kemampuan kerja nyata dan pekerja keras.</p> Aulia Rahmi Aulia, Erni Munastiwi Copyright (c) 2024 Aulia Rahmi Aulia, Erni Munastiwi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3616 Mon, 27 May 2024 06:58:36 +0000 Pengaruh Metode Bercerita terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3688 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrumen berupa aspek- aspek yang akan dicapai diantaranya yaitu: tepat waktu, menggunakan benda sesuai fungsi, mentaati peraturan, antri menunggu giliran. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata Pre-test 6,9 dan post-test 10,8. Sementara pada kelompok kontrol hasil rata-rata pre-test 7,0 dan post-test 8,8. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Lebih kecil nilai sig (2- tailed) 0,001 dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kemala Bhanyangkari 03 Alai.<br><br></p> Rapika Ilma Fika, Delfi Eliza Delfi Copyright (c) 2024 Rapika Ilma Fika, Delfi Eliza Delfi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3688 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0000 Penanaman Karakter Religius Melalu Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3764 <p style="text-align: justify;">Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter religius individu sehingga tertanam identitas muslim yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter religius melalui pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius melalui pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan yaitu melalui tahap perencanaan pembelajaran dengan membuat program tahunan, program semester, RPPM, dan RPPH serta menggunakan acuan buku pedoman dari Aisyiyah. Tahap pelaksanaan yaitu pengkondisian sebelum pembelajaran dengan bernyanyi dan aneka tepuk. Materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan diantaranya syahadat, asmaul husna, nama surat, tahfidz, hadits, doa iftitah, ibadah, shiroh, pengenalan pendiri Muhammadiyah dan Aisyiyah, amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta lambang Muhammadiyah. Tahap evaluasi pembelajaran yaitu dengan observasi, catatan anekdot, check list, dan hasil karya. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran yaitu beberapa materi belum tersampaikan kepada anak karena adanya agenda insidental guru.</p> Ainul Pitri, Dwi Hastuti, Dewi Eko Wati, Avanti Vera Risti Pramudyani Copyright (c) 2024 Ainul Pitri, Dwi Hastuti, Dewi Eko Wati, Avanti Vera Risti Pramudyani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3764 Mon, 27 May 2024 07:55:33 +0000 Evaluasi Program PAUD Holistik Integratif dengan Model CIPP di PAUD Eunike Lobalain https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3766 <p style="text-align: justify;">Tujuan dari&nbsp; penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan program layanan PAUD HI pada&nbsp; Pendidikan Anak Usia Dini Eunike Lobalain di Kabupaten Rote Ndao serta untuk mengetahui hasil evaluasi program layanan PAUD HI dengan model CIPP di PAUD Eunike Lobalain Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi<strong>. </strong>Hasil penelitian: 1) Evaluasi Konteks : Adanya pemahaman yang baik tentang latar belakang pelaksanaan program PAUD HI,&nbsp; kebutuhan, tujuan, dan sasaran program PAUD HI 2) Evaluasi Input : Program layanan PAUD HI pada PAUD Eunike didukung dengan adanya sumber daya yang memadai seperti kerjasama dengan berbagai pihak terkait program PAUD HI, serta Rencana Program dalam menanggulangi kendala-kendala yang ditemui pada pelaksanaan program PAUD HI. 3) Evaluasi Proses: dalam prosesnya Program layanan PAUD HI&nbsp; pada PAUD Eunike ini telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang telah diprogramkan seperti implementasi kerjasama dengan berbagai pihak, serta pengembangan program yang disesuaikan dengan kebutuhan. 4) Evaluasi Produk:&nbsp; Produk atau luaran,&nbsp; keuntungan serta dampak yang&nbsp; dihasilkan dari Program Layanan PAUD HI pada PAUD&nbsp; Eunike meliputi layanan pendidikan, kesehatan, Gizi, perlindungan dan pengasuhan.</p> Petrus Logo Radja, Irony D. Saefatu , Retno Lopo, Esterina Tse Copyright (c) 2024 Petrus Logo Radja, Irony D. Saefatu , Retno Lopo, Esterina Tse https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3766 Mon, 27 May 2024 08:29:37 +0000 Permainan Lego: Upaya Pengembangan Kreativitas AUD https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3767 <p style="text-align: justify;">Kreativitas bagian penting yang harus di kembangkan dalam perkembangan anak usia dini, karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran berpikir tidak berkembang Karena untuk menciptakan sesuatu produk dan bakat kreativitas yang tinggi diperlukan berdasarkan yang cukup tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan lego. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek yaitu pendidik dan 14 peserta didik adapun objek penelitian yang peneliti gunakan yaitu upaya dalam mengembangkan Kreativitas anak melalui permainan lego. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya permainan lego dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini. Upaya dalam mengembangkan kreativitas melalui permainan lego yaitu penyediaan sarana permainan lego yang banyak, memberi kesempatan pada anak untuk menjalin komunikasi dan hubungan sosial dengan temannya, memberikan&nbsp; &nbsp;inovasi-inovasi kegunaan dan membentuk lego dengan bentuk-bentuk yang bervariasi, memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk berkreasi, Mendukung anak mengingat kembali dan saling &nbsp;menceritakan pengalaman mainnya.</p> Anggil Viyantini Kuswanto, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Erfha Nurrahwati, Neni Mulya, Kanada Komariyah Copyright (c) 2024 anggil, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Erfha Nurrahwati, Neni Mulya, Kanada Komariyah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3767 Tue, 28 May 2024 01:51:06 +0000 Pengembangan Modul Bimbingan Konseling Keluarga dalam Pencegahan Kecanduan Smartphone Pada Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3786 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bermaksud mengembangakan sebuah modul bimbingan konseling keluarga tentang bagaimana mengatasi dampak negative handpone pada siswa Taman Kanak-kanak khususnya PAUD Islam Terpadu Yadiaksa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bentuk bimbingan keluarga, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&amp;D) dengan menggunakan pengembangan modul ADDIE sumber data yang digunakan adalah siswa dan orang tua siswa PAUD Islam Terpadu Yadiaksa. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. Hasil rata-rata validitas modul yaitu Valid dengan persentase 93% modul dinyatakan valid untuk digunakan, dan 96% modul dinyatakan praktis oleh praktisi. Dan modul dinyatakan efektif mengurangi kecanduan handpone pada siswa dengan rata-rata 93% efektif dalam mengatasi solusi kecanduan handpone pada anak. Berdasarkan data diatas modul bimbingan keluarga terhadap pencegahan kecanduan handpone valid, praktis dan efektif untuk digunakan.</p> Lesis Andre, Sunimaryanti Sunimaryanti, Afriwes Afriwes, B.R.E Yunanda, ayu Mustika Sari Copyright (c) 2024 Lesis Andre, Sunimaryanti Sunimaryanti, Afriwes Afriwes, B.R.E Yunanda, ayu Mustika Sari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3786 Tue, 28 May 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Bermain Puzzle Geometric terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3788 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain <em>puzzle geometric</em> terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian <em>quasi eksperimen</em>. Desain penelitian ini adalah <em>nonequivalent control group design</em>. Sampel penelitian ini berjumlah 32 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen&nbsp; yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kecerdasan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai <em>N-Gain</em> kelas eksperimen sebesar 0,40 yang memiliki arti bahwa pengaruh bermain <em>puzzle geometric</em> terhadap kecerdasan visual spasial anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji <em>Mann Whitney test</em> mendapatkan nilai <em>Asymp. Sig. (2-tailed)</em> sebesar 0,00 &lt; 0,05. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bermain <em>puzzle geometric</em> berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun.</p> Feni Puspita Sari, Ari Sofia, Devi Nawang Sasi Copyright (c) 2024 Feni Puspita Sari, Ari Sofia, Devi Nawang Sasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3788 Tue, 28 May 2024 06:06:19 +0000 Penggunaan Media Film Animasi Nussa dan Rara untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3809 <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan media film animasi Nussa dan Rara, tahapan pelaksanaan media film animasi Nussa dan Rara untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun, dan apakah nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui media film animasi Nussa dan Rara di RA An-Nida semester II Tahun pelajaran 2023/2024. Ketujuh belas siswa kelas B RA An-Nida dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam metodologi penelitian ini. Dokumentasi dan observasi adalah dua metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan media film animasi Nussa dan Rara dapat meningkatkan nilai agama dan moral anak. Berdasarkan hasil analisis kondisi awal menunjukkan ada 2 anak ataupun 11,8% dengan nilai agama dan moralnya berkembang sangat baik. Pada siklus I meningkat jadi 7 anak ataupun 41,2% serta dalam siklus II naik jadi 14 anak ataupun 82,3% anak yang berkembang sangat baik.</p> Cindy Cinthia, Khadijah Khadijah Copyright (c) 2024 Cindy Cinthia, Khadijah Khadijah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3809 Tue, 28 May 2024 06:38:50 +0000 Desain Instruksional Eksperimen Sains Sederhana Pada Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3793 <p>Eksperimen sains untuk anak usia dini menjadi media dalam melatih anak mengembangkan ide dan kreativitas nya di sekolah. Desain Instruksional &nbsp;dengan konteks &nbsp;eksperimen sains di kelas paud akan melatih daya kritis anak terutama dalam pemecahan masalah meskipun melatih anak belajar sambil bermain namun eksperimen sains ini dapat melatih siswa dalam daya nalar dan penemuan makna. Tujuan Riset ini untuk mengetahui desain instruksional ekperimen sains di kelas PAUD. Dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif, Dua Puluh siswa kelas B dengan rentan usia 5 hingga 6 tahun berpartisipasi dalam proyek eksperimen sains sederhana bermain gelembung gajah Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses eksperimen sains sederhana membantu siswa untuk terlibat secara aktif dalam memilih bahan eksperimen menguji dan menganalisis bahan bahan eksperimen sains sederhana dan menghasilkan ide kreatif untuk mengenal tema gelembung dan bermain dari bahan eksperimen sains sederhana. Implikasi pedagogis dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran eksperimen sains sederhana mendorong keterlibatan siswa dalam proses mengembangkan bernalar kritis dan meningkatkan kreativitas siswa tingkat PAUD memahami materi perubahan warna maupun reaksi kimia.</p> Ika Candra Destiyanti Copyright (c) 2024 Ika Candra Destiyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3793 Tue, 04 Jun 2024 04:34:52 +0000 Penerapan Permainan Rainbow Paper Estafet Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3828 <p style="text-align: justify;">Bermain adalah salah satu kegiatan yang di senangi anak anak, bermain juga sudah menjadi dunia dari anak anak, pemilihan permainan yang sangat menarik membuat anak anak bisa belajar sambil bermain. <em>Rainbow Paper Estafet</em> adalah permainan yang menggunakan kertas warna berbentuk geometri selanjutnya akan di gilir menggunakan jepit kayu.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatih motorik kasar anak serta menambah pengetahuan anak tentang warna dan juga melatih sosial anak saat bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara juga menggunakan sempel usia 4-5 tahun sebagai bahan dari pengumpulan data, data yang di gunakam berupa data sekunder dan primer. Penelitian ini mendapatkan hasil yang baik, melakukan <em>permainan rainbow paper estafet</em> sangat membuat anak senang dalam mengikuti kegiatan yang di lakukan, dalam permainan terlihat anak anak melakukan permainan dengan sangat gembira ini membantu perkembangan motorik kasar anak sangat baik sekaligus anak anak dapat menambah pengetahuan tentang warna dan soialnya. Kesimpulan penelitian yaitu permainan <em>Rainbow Paper Estafet</em> adalah suwatu permainan yang menggunakan alay jepit kayu dan kertas bertentuk geometri lalu di gilir kepada teman , permainan ini salah satu perminan yang mampu membantu perkemabangan motoric halusanak serta anak dapat melatih tanggung jawab, bersosialisasi, tau bentuk geometri dan banyak warna.</p> Ni Made Rosiani, I Made Gede Anadhi , Ida Bagus Komang Sindu Putra Copyright (c) 2024 Ni Made Rosiani, I Made Gede Anadhi , Ida Bagus Komang Sindu Putra https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3828 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Permainan Tradisional Lempar Gelang Terhadap Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3830 <p style="text-align: justify;">Permainan lempar gelang merupakan salah satu permainan yang sangat mudah untuk dilakukan, dan juga menggunakan alat yang sangat sederhana. Permainan lempar gelang adalah salah satu permainan tradisional yang saat ini masih sering dimainkan, permainan ini juga dapat mengembangkan emosional anak, dan mengembangkan aspek motorik anak salah satunya motorik halus anak. Motorik halus merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan otot-otot kecil pada anak yaitu misalnya tangan, koordinasi mata, dan kemampuan pengendalian ketepatan gerak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis data menggunakan tahap triangulasi dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, yang dilakukan pada anak usia 4-5 tahun, dan penelusuran kepustakaan. Penelitian ini memperoleh hasil fakta dan data mengenai penerapan permainan tradisional lempar gelang terhadap aspek motorik halus anak, dimana permainan tradisional ini dapat meningkatkan aspek motorik halus anak dimana anak mampu untuk melembar gelang ke dalam botol dengan tepat dan memegang gelang dengan benar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan tradisional lempar gelang ini memberikan pengaruh terhadap aspek motorik halus anak sehingga permainan ini relevan untuk digunakan dalam mengembangkan aspek motorik halus anak.</p> Ni Made Nadia Listiani, I Komang Suardika, I Made Gede Anadhi Copyright (c) 2024 Ni Made Nadia Listiani, I Komang Suardika, I Made Gede Anadhi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3830 Fri, 07 Jun 2024 04:52:58 +0000 Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Pembelajaran Sentra di Sekolah Laboratorium https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3847 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana TIK diintegrasikan dengan pembelajaran anak usia dini berbasis sentra di sekolah laboratorium yang memberikan layanan pendidikan untuk anak usia 2-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah laboratorium universitas negeri di Jakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah para pendidik di sekolah laboratorium yang disebut dengan “Educarer”. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan perangkat TIK berupa laptop, komputer, tablet, <em>smartphone</em>, televisi Android dan <em>tape recorder</em> dalam integrasi pembelajaran anak usia dini yang dilaksanakan di sentra pembelajaran yang mencakup Sentra Persiapan, Sentra Eksplorasi, Sentra Membangun dan Sentra Seni. Secara lebih spesifik, hasil penelitian menunjukkan optimalisasi penggunaan perangkat TIK oleh pendidik yang diintegrasikan dengan konten pembelajaran dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan pada keempat sentra pembelajaran tersebut. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa Educarer juga menyampaikan pentingnya pelatihan untuk mengembangkan keterampilan penerapan TIK dan integrasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Lebih lanjut, Educarer juga menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam integrasi TIK pada pembelajaran sentra bagi anak usia 2-6 tahun.</p> Ika Subekti, Lara Fridani, Nurjannah Nurjannah Copyright (c) 2024 Ika Subekti, Lara Fridani, Nurjannah Nurjannah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3847 Mon, 10 Jun 2024 03:08:47 +0000 Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak pada Transisi PAUD-SD https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3853 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan melihat apakah terdapat pengaruh keterlibatan orangtua terhadap kemampuan literasi dan numerasi anak pada masa transisi PAUD-SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei terhadap orang tua anak usia 5-6 tahun di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten brebes. Hasil penelitisan ini menunjukkan bahwa &nbsp;keterlibatan orang tua berpengaruh secata positif dan signifikan terhadap kemampuan literasi dengan nilai 42% dan t hitung&gt; t tabel (6,016&gt; 2,45) dan nilai signifikansi 0,000&lt;0,005. Keterlibatan orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi degan nilai t hitung&gt; t tabel (7,375&gt;2,45) dan nilai signifikansi sebesar 0,000&lt;0,005. Persamaan regresi linear sederhana untuk variabel kemampuan literasi (Y1) sebesar Y= 15,908 + 0,395 X. Dan kemampuan numerasi (Y2) adalah Y= 10,17 + 0,641 X.</p> <p>&nbsp;</p> Aliatul Hidayah Nur Sa'bani, Diana Copyright (c) 2024 Aliatul Hidayah Nur Sa'bani, Diana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3853 Wed, 12 Jun 2024 07:27:52 +0000 Pembelajaran Berbasis Neurosains Dalam Perspektif Guru Raudlatul Athfal https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3769 <p style="text-align: justify;">Dalam proses pembelajaran dan perkembangan anak usia dini, otak memegang peranan yang sangat penting. Otak akan bertindak sebagai jalan bagi stimulasi pada anak usia dini, mengingat pentingnya konsep pembelajaran dengan otak, apakah sepenuhnyaguur faham dengan konsep pembelajaran otak tersebut, dalam realitasnya yang ada guru dituntut mendampingi proses tumbuh kembang anak,.Pelaksanaan penelitian dilakukan mulai bulan oktober – Desember 2022 di Raudlatul Athfal Miftahul Athfal Mangkang Semarang, Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Implementasi pembelajaran berbasis neurosains dalam perspektif Guru Raudlatul adalah Pendidik belum sepenuhnya memahami konsep neurosains dalam mengembangkan kemampuan otak anak, dan menyeimbangkan pembelajaran dengan menerapkan otak kanan dan kiri. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Faktor yang menjadi pendukung dalam pemahaman guru tentang konsep pembelajaran neurosains adalah terletak pada sumber daya manusia yaitu Guru berpendidikan dan lulusan sarjana SI, adanya organisasi IGRA yang mewadahi semua guru RA di tingkat kecamatan menjadi dukungan dalam meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran neurosains.Sedangkan faktor penghambat kurangnya pelatihan dan workshop atau seminar yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis neurosains sehingga guru kesulitan dalam memahami konsep tersebut, buku panduan implementasi pembelajaran berbasis neurosains di tingkat PAUD &nbsp;masih jarang ditemukan sehingga membuat guru kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran neurosains.</p> Lilif Muallifatul Khorida Filasofa, Asya Ainul Fitri Copyright (c) 2024 Lilif sheila, Asya Ainul Fitri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3769 Wed, 12 Jun 2024 10:04:14 +0000 Permainan Edukatif Kardus Bekas untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3855 <p style="text-align: justify;">This research is an experimental study to analyze the improvement of fine motor skills in early childhood. The subjects of this study were children aged 5-6 years, the question used was observation. The data collection methods include: the steps to implement educational games from used materials, tests before the treatment of educational games made from used materials, and after the treatment of making educational games. The data analysis technique used was to determine the differences in the value of each aspect of the pre-test and post-test on the dependent variable (fine motor skills) using the T test. From the results of the t test to determine the effect of educational tools made from used materials on the fine motor development of children aged 5-6 years at TK Permata Ibu Surabaya, there is a difference between the pre and post-test scores. So, there is the influence of the use of educational games from used materials on fine motor skills development in children aged 5-6. The test results show that t count of 20,123 is greater than t-table 2,064 with a significance level of 95%.</p> Aisyah, Jahju Hartanti, Titah Kinasih, Yanita Dwi Masita Copyright (c) 2024 Aisyah, Jahju Hartanti, Titah Kinasih, Yanita Dwi Masita https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3855 Wed, 12 Jun 2024 16:16:51 +0000 Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Lotto https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3255 <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini melalui media lotto. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 anak, yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 11 anak dan anak perempuan berjumlah 15 anak serta para guru PAUD di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan. Kesimpulan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media pembelajaran lotto telah menemukan hasil dari kemampuan kemampuan bahasa ekspresif anak setelah menggunakan media pembelajaran lotto dilihat dari sebelum penelitian dilaksanakan anak di Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak belum maksimal dapat dilihat pada penelitian siklus I diketahui anak yang mencapai kategori berkembang sangat baik hanya 3 anak atau 9% dari jumlah 34 siswa. Kemudian pada perbaikan siklus II anak yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak meningkat menjadi 29 anak atau 85%. Dengan begitu siswa Kelompok Bermain SKB Sukamulya Kuningan telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Dengan demikian rumusan masalah dalam proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti laksanakan sudah terjawab, yaitu bahwa dalam pembelajaran melalui media pembelajaran lotto dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.</p> Irma Oktaviani, Badroeni Copyright (c) 2024 Irma Oktaviani, Badroeni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3255 Tue, 25 Jun 2024 02:57:58 +0000 Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3984 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan literasi budaya dan kewargaan pada pendidikan anak usia dini di kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan delapan orang guru yang terdiri dari empat lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru dalam mengembangkan literasi budaya dan kewargaan di PAUD sangat krusial dalam merancang program pembelajaran untuk mengembangkan sikap toleransi dan memahami keragaman budaya.&nbsp;&nbsp; Guru pada lembaga PAUD menggunakan berbagai metode dalam menstimulasi literasi budaya dan kewargaan, seperti cerita rakyat, bermain peran, kegiatan pembelajaran berbasis proyek, <em>field trip</em>, dan pemanfaatan teknologi berupa video dan gambar. Hasil temuan dari penelitian ini dapat menjadi dasar&nbsp; bagi lembaga PAUD untuk merancang program pembelajaran literasi budaya dan kewargaan secara hilostik dan efektif, serta sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu buku panduan pendidikan literasi budaya dan kewargaan anak usia dini.</p> Siti Fadillah, Yesi Novitasari, Azlin Atika Putri Copyright (c) 2024 Siti Fadillah, Yesi Novitasari, Azlin Atika Putri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3984 Tue, 25 Jun 2024 00:00:00 +0000 Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Cerita Rakyat Joko Poleng pada Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3924 <p><em>The understanding of students today about the existence of folklore in their own area often does not understand much, even though it is in the learning content, the presentation that is less interesting and monotonous makes students not interested and feel bored with the learning being carried ouIn this study, researchers tried to measure the effectiveness of using teaching materials based on local wisdom of the Joko Poleng folklore. The design used in this study is one group pretest posttest. So the researcher only used one group of 27 students as the research sample.This study obtained the results that students' learning when using teaching materials that were already in the theme book got an average value of 62.96 while student learning outcomes after using Joko Poleng's folklore teaching materials were 88.89. Therefore there is an increase of 25.93 from the results before and after students use teaching materials. In this case, the Joko Poleng Folklore Teaching Material is effective for use in elementary school students.This is shown from the results before and after students use teaching materials. It is also shown from the results of the analysis. It is shown from the results of data analysis that the significance value of the paired samples test for two data, namely pretest and posttest, is 0.000, because the significance value is smaller than the value of (0.05), then the hypothesis is accepted.</em></p> Rita Kusumah, Yani Fitriyani Copyright (c) 2024 Rita Kusumah, Yani Fitriyani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3924 Tue, 25 Jun 2024 09:42:39 +0000 Deskripsi Kepercayaan Diri Anak Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3835 <p style="text-align: justify;">Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini ditetapkan sumber data primer dan data sekunder. Data primer yaitu yang akan menjadi data utama, dalam hal ini yang menjadi data utama adalah anak dan guru kelas di TK Negeri Mekar Indah Adapun data sekunder yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu data peneliti yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara yaitu berupa dokumentasi, gambar, arsip laporan sekolah dan buku-buku lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kepercayaan diri anak. Adapun indicator yang digunakandalam penelitian ini<br>adalah : (1) berani maju di depan kelas; (2) berkomunikasi dengan teman dan guru (3) berani menyampaikan ide/gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sikap percaya diri anak berkembang dengan baik. Sikap percaya diri tersebut tercermin pada ciri-ciri anak yang percaya diri yaitu yakin dengan. Sikap percaya diri tersebut tercermin pada ciri-ciri anak yang percaya diri yaitu kemampuan tampil di depan kelas, berkomunikasi dengan teman/guru dan berani menyampaikan ide/gagasannya.</p> Siti Irtia Asmahan Marada, Nunung Suryana Jamin, Yenti Juniarti Copyright (c) 2024 Siti Irtia Asmahan Marada, Nunung Suryana Jamin, Yenti Juniarti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3835 Fri, 28 Jun 2024 09:02:23 +0000 Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Akhlak kepada Alam di SD https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3982 <p style="text-align: justify;">Sebagai pelajar Pancasila menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari ekosistem alam, maka manusia berkewajiban untuk menjaga lingkungan dan melestariakan alam agar kehidupan manusia tetap terjaga dan dapat hidup berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan tahapan penguatan profil Pancasila pada elemen akhlak kepada alam melalui proyek tema gaya hidup berkelanjutan di SD Negeri 2 Bayuning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Subjek diambil dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> berdasarkan peringkat di kelas dan <em>snowball sampling.</em> Teknis analisis data menggunakan model Miles <em>and</em> Huberman meliputi reduksi data, data <em>display </em>(penyajian data), dan <em>conclusion. </em>Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat tahapan dan proses yang belum sesuai dengan pedoman pelaksana proyek pancasila (P5) yakni pembentukan tim fasilitator proyek P5 dan modul pelaksanaan proyek P5. Namun sekolah tetap melaksanakan proyek dengan bekerjasama dengan orangtua, komite sekolah, dinas Lingkungan Hidup, dan puskesmas untuk memperkuat profil pancasila pada elemen akhlak&nbsp; kepada alam.</p> Erlina, Atang Sutisna Copyright (c) 2024 Erlina, Atang Sutisna https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3982 Fri, 28 Jun 2024 09:30:35 +0000 Pengembangan Media Board Game Berbasis Local Wisdom Dalam Penanaman Karakteristik Berkebinekaan Global https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3810 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk Board Game agar menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam memahami local wisdom sebagai bagian dari upaya penanaman karakteristik berkebinekaan global sebagai salah satu karakteristik pelajar pancasila. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD kelas III di SDIT Darul Amanah, metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah Research and Development (R&amp;D) model Borg &amp; Gall yang disederhanakan menjadi tiga langkah-langkah penelitian pengembangan, yang terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan, serta pengujian dan diseminasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, penilaian produk oleh ahli, dan penyebaran angket efektivitas media board game tersebut. Hasil penelitian menunjukan media board game berbasis local wisdom dalam menanamkan karakter berkebhineakaan global dikatakan layak berdasarkan hasil validasi produk oleh validator ahli materi dan validator ahli media setiap komponen mencapai kevalidan yang tinggi yang dibuktikan dengan nilai rerata skor Aiken’s V 0,813. Luaran penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berbentuk Board Game yang akan disosialisasikan ke guru-guru di sekolah.</p> <p>&nbsp;</p> Myrna Apriany Lestari, Yani Fitriyani, Eli Hermawati, Rini Ramdhania, Ndaru Mukti Oktaviani Copyright (c) 2024 Myrna Apriany Lestari, Yani Fitriyani, Eli Hermawati, Rini Ramdhania, Ndaru Mukti Oktaviani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3810 Fri, 28 Jun 2024 10:56:20 +0000 Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3856 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one Group pret-test &amp; post-test design. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 24 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata – rata dari hasil pre-test dan post-test sebesar 18,29 dan 31,21. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan hipotesis (Hi) diterima dengan uji regresi linier nilai signifikan 0,000 dan &lt;0,05. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo.</p> Yenti Juniarti, Sulastya Ningsih, Asrianti S Bonggu Copyright (c) 2024 Yenti Juniarti, Sulastya Ningsih, Asrianti S Bonggu. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3856 Sun, 30 Jun 2024 02:11:41 +0000 Pengembangan Media Papan Sosial Emosional (Pansos) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3328 <p><em>Lilia Fitriyati (NIM: 214223046), Development of Social-emotional Board Media (Pansos) to Improve Social Emotional of 5-6 Years Old Children (PGPAUD), 2023.Early childhood is a golden age, a time when growth and development begin and are on going. One aspect of child development that needs to be developed by educators is the aspect of social development. Social development aspects can be developed with game media. Educators should use interesting media in their learning. One way to develop social-emotional aspects is with Social-emotional Board Media (Pansos).Adopting from the monopoly game This study aims to determine the social-emotional development of children before and after using Social-emotional Board Media (Pansos) for children aged 5-6 years at Kober Nur Ismail. The purpose of this research and development is to find out the increase in children's social-emotional abilities through the use of learning media Social-emotional Board (Pansos). This type of research is research and development by adopting Sugiyono's steps. The research method used in this research is Research and Development (R&amp;D) using steps from Borg and Gall which are simplified into stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing. The subjects of this study were children at Kober Nur Ismail who were 5-6 years old.</em><em> From the results of the study it was known that there was an increase in social emotional development by 42.5% with the results of the initial presentation during the pre-test 40% and post-test 82.5%</em></p> Lilia Fitriyati, Erna Juherna Copyright (c) 2024 Lilia Fitriyati, Erna Juherna https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3328 Sun, 30 Jun 2024 02:56:14 +0000 Upaya Meningkatkan Kemapuan Mengenal Angka Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3254 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal angka dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian anak KB Melati Desa Nanggerang yang terdiri dari 30 anak dengan komposisi perempuan 13 dan laki – laki 17 anak. Peneliti menggunakan tiga siklus dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yakni peningkatan kemampuan mengenal angka tersebut dibuktikan pada Pra tindakan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 37,5%. Kemudian pada Siklus I rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan 61,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 87,5%. Rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus II mencapai 92,75%. Selisih peningkatan dari Pra tindakan sampai Siklus I sebesar 24%, selisih peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II sebesar 26%, kemudian selisih peningkatan dari Siklus II sampai Siklus III sebesar 5,2%..</p> Elon Sahlan, Erik Copyright (c) 2024 Elon Sahlan, Erik https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3254 Sun, 30 Jun 2024 06:08:50 +0000 Peran Pola Asuh Permisif terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3282 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap anak dirumah sehingga dapat mengetahui perkembangan sosial emosional anak. Dengan pola asuh yang diterapkan dirumah oleh orang tua akan membentuk perkembangan sosial emosional anak dilikungannya dan membentuk karakter anak. Ini disebabkan rendahnya pengetahuan orang tua terhadap pola asuh yang akan diterapkan pada anak dan akan banyak dampak yang terjadi pada sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan analisis pada proses yang diamati atau fenomena yang terjadi dengan data yang pasti, dengan uraian dan penjelasan yang komprehensif sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode wawancara pada orang tua dan guru serta observasi terhadap anak akan diobservasi dengan sample 5 anak. Orang tua / wali murid menjadi sumber data premier, sedangkan data sekunder yaitu guru yang mengajar disekolah yang akan menjadi penelitian. Dari hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi didapatkan 5 sample orang tua yang menggunakan pola asuh permisif dalam mendidik anaknya dirumah dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak saat disekolah.</p> Dodi Ahmad Haerudin, Mira Mayasarokh Copyright (c) 2024 Dodi Ahmad Haerudin, Mira Mayasarokh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3282 Sun, 30 Jun 2024 06:13:09 +0000 Analisis Manajemen Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4003 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Gambaran pola asuh terhadap kemandirian anak usia dini di TK Amaliyah Perawang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif.&nbsp; Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui Manajeman Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak termasuk kategori baik. Hasil persentase pernyataan faktor&nbsp; Anak mampu berinteraksi adalah sebanyak 69,58% responden dengan kategori S, hasil persentase nomor 2 Anak mulai mematuhi aturan&nbsp; adalah sebanyak 69,72% reponden dengan kategori S, hasil persentase pernyataan nomor 3 yaitu Anak dapat mengendalikan emosi adalah sebanyak 75% responden dengan kategori S, hasil persentase pernyataan nomor 4 yaitu Anak dapat menunjukkan rasa percaya diri adalah sebanyak 71,39% responden dengan kategori S, hasil persentase nomor 5 yaitu Dapat menjaga diri sendiri adalah sebanyak 67,1%. Hasil persentase tersebut dapat dinyatakan bahwa Analisis Manajemen Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Amaliyah Perawang yang memiliki pengaruh tertinggi ialah Anak dapat mengendalikan emosi yang berada dalam kategori S dengan tingkat 75%.</p> Wasiah Sufi, Sean Marta Efastri Copyright (c) 2024 Wasiah Sufi, Sean Marta Efastri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4003 Sun, 30 Jun 2024 06:21:51 +0000 Pengaruh Ketergantungan Gadget Melalui Behaviour Therapy Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4004 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketergantungan gadget melalui <em>behaviour therapy </em>terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Menurut (Sugiyono, 2012) penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan&nbsp; untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam&nbsp; kondisi yang terkendalikan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen <em>(Pre-Experiment design)</em> dengan jenis <em>one group pretest and posttest</em>. Menurut (Sugiyono, 2012) <em>one group pretest and posttest design</em> adalah suatu teknik untuk mengetahui efek&nbsp; sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh <em>behavior therapy</em> terhadap perkembangan sosial anak usia dini yang ketergantungan pada <em>gadget. </em>Berdasarkan hasil analisis statistik <em>t-test</em> yang diperoleh yaitu t<sub>hitung</sub> = 14,276 pada taraf kesalahan 0,05 atau 5% sehingga nilai t<sub>tabel </sub>= 2.145. Nilai tersebut menunjukkan perubahan yang signifikan terlihat dari nilai <em>sig</em> (2<em> tailed</em>) sebesar 0,000. Karena nilai <em>sig</em> 0,000 ˂ 0,05 atau sig kecil dari 0,05, dengan demikian H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>o</sub> ditolak.&nbsp; Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh <em>behavior therapy</em> terhadap perkembangan sosial anak usia dini yang ketergantungan pada <em>gadget.</em></p> Sean Marta Efastri, Suharni Copyright (c) 2024 Sean Marta Efastri, Suharni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4004 Sun, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Meningkatkan Kemampuan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3882 <p style="text-align: justify;">Tujuan penelitian ini adalah&nbsp; untuk menstimulus kemampuan &nbsp;social emosional anak masih belum optimal karena adanya anak yang agresif saat bermain, rasa percaya diri yang rendah, tidak sabar saat bermain dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus aspek perkembangan anak,. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Media pembelajaran puzzle mengandung nilai pendidikan sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak, yang berfungsi untuk merangsang perkembangan fisik, sosial, bahasa dan kognitif pada anak. Permainan puzzle dapat meningkat aspek perkembangan social emosinal anak untuk menciptakan sikap mandiri, percaya diri, memahami peraturan dan disiplin, mau menolong dan membantu teman, serta memiliki rasa empati dengan teman. Perkembangan social emosional anak di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung yaitu menunjukkan belum berkembang 2 anak, 4 anak mulai berkembang, berkembang sesuai harapan 4 anak dan berkembang sangat baik terdapat 2 anak.</p> Kanada Komariyah, Erik Erik Copyright (c) 2024 Kanada Komariyah, Erik Erik https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3882 Sun, 30 Jun 2024 06:52:46 +0000 Pencegahan Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini Melalui Penanaman Nilai Agama dan Moral di Kelompok Bermain https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3986 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencegahan perilaku tantrum pada anak usia dini melalui penanaman nilai agama dan moral Di Kelompok Bermain (KB) Az-Zikra Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pembahasan tentang perilaku tantrum melalui penanaman nilai agama dan moral (NAM). Subjek penelitian ini adalah satu orang anak dan satu guru Kb Az-Zikra. Objek dalam penelitian ini adalah melihat dampak penanaman nilai agama dan moral terhadap pencegahan perilaku tantrum. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi menggambarkan bahwa pencegahan perilaku tantrum pada anak usia dini melalui penanaman nilai agama dan moral dalam 6 indikator yaitu membiasakan diri beribadah, memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat), membedakan perilaku baik dan buruk, kepedulian, mematuhi aturan, dan tanggung jawab. Orang tua dan guru sangat berperan penting dalam menangani anak yang berperilaku tantrum dengan melalui penanaman nilai agama dan moral orang tua dan guru perlu menjadi teladan yang baik bagi anak.</p> Nurhayati Tine, Yenti Juniarti, Nutri Nurzia S Ismail Copyright (c) 2024 Nurhayati Tine, Nutri Nurzia S Ismail, Yenti Juniarti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3986 Sun, 30 Jun 2024 07:23:15 +0000 Efektivitas Penggunaan Game Sipak Batu Berbasis Digital Terhadap Pengenalan Sejarah Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3901 <p>Mengenalkan sejarah kepada anak sejak dini merupakan salah satu cara menumbuhkan nilai-nilai budaya yang baik pada anak. Memperkenalkan sejarah sejak dini dengan syarat kegiatan ini harus dilakukan dengan cara menyenangkan sekaligus memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifkah game sipak batu terhadap kecedasan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di kota Padang, Sumatera Barat. Uji keefektifan cara tradisional Permainan Sipak Batu menggunakan uji t berpasangan. Responden dalam penelitian berjumlah lima belas anak di TK Amalan . Uji efektivitas game Sipak Batu dilakukan dengan metode eksperimen one-group pretest-posttest. Responden dalam penelitian ini sebanyak 15 orang anak. Hasil analisis data terdapat peningkatan rata-rata sebelum diberikan perlakuan yaitu 34,73 dengan setelah diberikan perlakuan yaitu 40,40. Dari perhitungan t hitung adalah -10,159 dengan probabilitas/tingkat signifikansi 0,000 (p value &lt; 0,05) bearti H0 ditolak karena terdapat perubahan yang signifikan antara sebelum menggunakan game Sipak Batu (pretest) dengan setelah menggunkan game Sipak Batu (posttest). Jadi dapat disimpulkan bahwa game tradisional Minangkabau Sipak Batu berbasis android efektif digunakan untuk pengenalan sejarah anak usia 5-6 tahun.</p> Adi Priyanto, Vivi Anggraini, Tia Novela Copyright (c) 2024 Adi Priyanto, Vivi Anggraini , Tia Novela https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/3901 Sun, 30 Jun 2024 16:46:44 +0000 Problematika Pembelajaran Literasi Keuangan di SD dan Solusi Pemecahannya https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4009 <p>Pendekatan kajian literatur sistematis ini menyelidiki problematika yang dihadapi oleh guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran literasi keuangan. Penelitian ini mengadopsi kerangka kerja yang diperkenalkan oleh (Soromessa, &amp; Legese, 2020) yaitu populasi <em>(population)</em>, intervensi <em>(intervention)</em>, pembanding<em> (comparison)</em>, hasil <em>(outcome)</em>, dan konteks <em>(context)</em> (PICOC), sebagai laporan dalam mensintesis temuan dari 10 artikel yang diterbitkan antara tahun 2014-2024. Data dipilih dari database google scholar. Kajian penelitian ini bertujuan mengesplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran literasi keuangan, rendahnya kompetensi guru dalam pembelajaran literasi keuangan, dan strategi dan solusi pemecahan pembelajaran literasi di sekolah dasar. Temuan penelitian ini dapat berkontribusi secara teoritis dan praktis untuk meningkatkan pembelajaran literasi keuangan dan kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan menumbuhkembangkan pendidikan literasi anak di sekolah dasar.</p> Sunarti Djoko Copyright (c) 2024 Sunarti Djoko https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/4009 Mon, 01 Jul 2024 03:11:10 +0000