Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka dengan Menggunakan Media Papan Flanel
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar anak pada aspek kognitif. Dalam proses pembelajaran guru kurang mengembangkan kemampuan mengenal angka, hal ini telihat dari pembelajaran yang masih bersifat konvensional dengan hanya memanfaatkan papan tulis yang ada di sekolah. Proses pembelajaran terlihat masih bersifat teacher center. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, subjek dari penelitian ini adalah anak dari TK Islam Bakti 50 Sungai Rumbai yang berjumlah 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk anak. Persentase hasil penelitian belajar kognitif anak 70% sudah berada pada tahap Berkembang Sesuai Harapan (BSH), berarti bahwa nilai yang diperoleh anak telah mencapai terget perkembangan kognitif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar kognitif anak.
Kata Kunci: Kognitif, Papan Flanel, Lambang Bilangan.
Downloads
References
Cahyati, Nika. (2018). Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Memancing bola angka. Jurnal pelita PAUD, Vol.2, No.2, 200-2015.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Padang: Sukabina Perss.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Jakarta
Arikunto, Suharsimi dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hujair, AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta :Kaukaba.
Copyright (c) 2019 M. Anggrayni, Ayu Mustika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.