Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap Keterampian Bicara Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video smart hafiz terhadap keterampilan bicara anak di KB Al-Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A KB Al-Hikmah yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan penggunaan media smart hafiz. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel yang didapat adalah anak usia dini kelompok A KB Al-Hikmah yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbahasa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video smart hafiz terhadap keterampilan bicara anak di KB Al-Hikmah. Berdasarkan perhitungan statistik uji hipotesis dengan nilai t = 54,077 dengan Sig. 0,000 < 0,05 Hi diterima artinya terdapat pengaruh media gambar terhadap pengaruh media pembelajaran video smart hafiz terhadap keterampilan bicara anak di KB Al-Hikmah.
Downloads
References
Ali. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ayuanda. (2015). “Pengaruh Media Video terhadap Kemampuan Berbicara Anak”. (Online). Jurnal. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNS Tersedia :http://psb-psma.org/content/blog/3992-media_video (diakses 21 Februari 2019). Hal : 33-34
Rohani. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Daryanto. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Devi Pujiawati. (2015). Pengaruh Media Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak PAUD Al Barkah Indramayu. Jurnal Pendidikan PGPAUD
Erwin Permana. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran boneka kaus kaki dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa . Jurnal Pendidikan PGPAUD.
Farris. (2013). Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Erlangga.
Febri Ferbrianti. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Kemampuan Berbicara Anak PAUD Al-Imam Banjarmasin. Jurnal Pendidikan PGPAUD .
Hadi, Sutrisno. (2015). Statistik untuk Penelitian. Jakarta : Pustaka Setia
Hamalik, Oemar. (2015). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iwan Permana Suwarna. (2014). “Penggunaan Media Visual Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak”. (Online). Jurnal. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP. Tersedia :http://psb-psma.org/content/blog/3992-media_video (diakses 21 Februari 2019).
Kamiluddin dan Aristya. (2016). “Pengaruh Media Video Kartun terhadap Kemampuan Berbicara Anak”. (Online). Jurnal. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UPI Tersedia :http://psb-psma.org/content/blog/3992-media_video (diakses 21 Februari 2019).
Kusumah. (2013). Media pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Kuswanto. (2014). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Erlangga.
Latuheru. (2016). Media pembelajaran. Surabaya : Kartika
Munadi, Yudhi. (2014). Media pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nasir, Muhammad. (2015). Metodologi Penelitian. Bandung : Permadi.
Nera Ayuandia. (2015). Penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Lab School PAUD UNIB Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan PGPAUD.
Nurwanti, Vera. (2010). Penerapan metode abjad dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Nurul Hidayah Bogor. Jurnal Pendidikan PGPAUD.
Purnamasari. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Raharjo. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rohani. (2015). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sri Handayani. (2016). Penerapan Media Visual Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak TK Al-Istiqomah Majalengka. Jurnal Pendidikan PGPAUD.
Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfhabeta.
Sudjana, Nana. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Surakhman, Winarno. (2008). Statistik untuk Penelitian. Surabaya : Kartika.
Tarigan. Djago.( 2008). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung : Angkasa.
Thomas Adi Tri Nugroho. (2015). “Penggunaan Media Visual Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak”. (Online). Jurnal. Tersedia :http://psb-psma.org/content/blog/3992-media_video (diakses 21 Februari 2019).
Widodo. (2014). Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Bumi Aksara.
Yusuf, Muhammad. (2015). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka Setia
Copyright (c) 2019 Dian Anggraeni, Eva Gustiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.