Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Tabung Menggunakan Balok Angka dan Huruf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak TK Islam Terpadu Sungai Rumbai melalui penerapan permaian tabung dengan menggunakan balok angka dan huruf untuk peningkatan kemampuan kognitif pada bidang membaca dan menganal angka pada anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penilaan harian dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permaian tabung dengan menggunakan balok angka dan huruf dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada bidang membaca dan menghitung. Mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 70% anak berada pada tahap BB dan MB pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 70% berada pada taraf MB dan BSH pada siklus II udah pertemuan ketiga 90% anak sudah berada pada taraf BSH dan BSB, berarti bahwa nilai yang diperoleh anak telah mencapai terget perkembangan kognitif. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya melalui penerapan permainan tabung angka dengan menggunakan balok angka dan huruf sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan pencapaian target perkembagan kognitif anak.
Downloads
References
Cahyati, Nika. (2018). Kemampuan mengenal angka melalui media memancing bola angka. Jurnal pelita PAUD, Vol.3 No.1, p.328-333.
Dadan, Suryana. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
http//www.crayonpedia.org/mw/tabung kerucut dan bola
http://books.google.co.id/books?id=6yiMc3BP0b0C&pg=PA195&dq=sifat-sifat+tabung&h
Jamal, Ma;mur Asmani. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta : Diva Press
Juniarti, Y. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 10-15.
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27-32.
Mahyuddin. (2008). Asesmen Anak Usia Dini. Padang: UNP Press
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rachmawati, Yeni & Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak TK. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sri, Mulyanti. (2013). Perkembangan Psikologi Anak. Yogyakarta:Laras Media Rima
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks
Suyadi dan Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Suyanto, Slamet. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Syafril. (2010). Statistika. Padang: Sukabina Press
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta :Kencana Prenada Media Group
Yulsyofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press
Copyright (c) 2019 Ayu Mustika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.