Etnopedagogi Pendidikan dalam Pembelajaran Medagang-dagangan pada Tradisi Umat Hindu Bali

  • Ni Komang Sri Yuliastini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnaya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etnopedagogi dalam pembelajaran tradisi medagang-dagangan di TK Negeri Pembina Abiansemal. Tradisi medagang-dagangan merupakan salah satu praktik budaya dalam masyarakat Hindu Bali yang sering diajarkan kepada anak sejak dini sebagai bagian dari pendidikan etnopedagogi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner dengan skala Likert yang dirancang untuk mengukur efektivitas, penerimaan, dan pengaruh tradisi ini terhadap perkembangan nilai-nilai karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ini tidak hanya melestarikan budaya lokal, tetapi juga mengembangkan kemampuan sosial, komunikasi, dan numerasi anak. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi budaya lokal dalam pendidikan formal untuk membangun identitas budaya sejak dini. Selain mendukung pembelajaran holistik, kegiatan ini juga melestarikan tradisi masyarakat Hindu Bali dan membangun keterampilan dasar yang penting bagi anak-anak. Dengan pelibatan orang tua dan inovasi guru, pendekatan ini dapat menjadi model pembelajaran yang relevan di berbagai konteks pendidikan anak usia dini.

Keywords: Etnopedagogi, medagang-dagangan, tradisi Hindu Bali, pembelajaran anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. Basic Books.
Iswara, P. (2021). Pendidikan berbasis kearifan lokal: Sebuah pendekatan dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 101–115.
Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktavianti, I. Y. Ratnasari. 2017a. Peningkatan Multiple Intelligences Siswa Pada Pembelajaran Temaik Melalui Lesson Study Berbantu Monek Billking Kearifan Budaya Pati. Laporan Penelitian Dosen Pemula. Kudus: Universitas Muria Kudus.
--------------------------------. 2017b. Permainan Monopoli Engklek Budaya Pati Untuk Pembelajaran Tematik. Prosiding Seminar Nasional, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus Tahun 2017, 63-71.
Rachman, M. 2015. 5 Pendekatan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK dan R&D. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ratnasari, Y. Santoso. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Scientifik berbasis Budaya Lokal Masyarakat Kabupaten Pati. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi, Universitas Muria Kudus Tahun 2015, 35-40.
Ridwan, M. 2014. Kurikulum 2013 dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan tema Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya, Pascasarjana UNESA Tahun 2014, 102-108.
Santyasa, I. W. (2019). Pengembangan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis budaya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(4), 32–45.
Sartini. 2010. Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 14 (2): 111-120.
Suarka, I. N. (2011). Nilai-Nilai Tradisional Bali dalam Pendidikan Karakter. Denpasar: Udayana University Press.
Suarka, I. N., Astiti, K. N. S., & Windia, W. (2020). Implementasi Tri Hita Karana dalam pendidikan budaya di Bali. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(2), 245–256.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sularso. 2016. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1): 73-79.
Suyasa, I. K. (2016). "Peran Pendidikan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak di Bali." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 45-56.
Syaifulloh, Muhammad., dan Wibowo, Basuki. 2017. Nilai-Nilai Edukatif Syair Gulung Sebagai Upaya Pendidikan Kebencanaan Berbasis Komunitas Pada Masyarakat Melayu Di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (1): 48-53.
Tilaar, H.A.R. 2015. Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas. Utari, Unga. Dkk. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. , 1 (1): 39-44.
Tri Hita Karana Foundation. (2015). Understanding Balinese Philosophy. Denpasar: THK Foundation.
UNESCO. (2009). Integrating Local Knowledge into Early Childhood Education. Paris: UNESCO Publishing.
Zulkarnain, A. Febriamansyah, R. 2008. Kearifan Lokal dan Pemanfaatan dan Pesisir. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 1 (1): 69-84.
Published
2024-12-28
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 6 times