Peningkatan Keterampilan Mengenal Huruf Kecil Melalui Media Permainan Ular Tangga

  • Vitha Eky Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Retno Lopo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Deviana Sibulo Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf kecil pada anak di Kelompok Bermain (KB) Taruna Elim Kuanino melalui media permainan ular tangga yang dimodifikasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 5 anak dari kelas B2. Proses penelitian melibatkan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenal huruf kecil dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata observasi aktivitas anak mencapai 60,5%, sementara pada siklus II meningkat menjadi 80,5%. Selain itu, hasil kerja anak menggunakan lembar kerja (LKA) juga mengalami peningkatan dari rata-rata 61,53% (cukup) pada siklus I menjadi 78,45% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf kecil. Media ini juga berhasil meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar anak di Kelompok Bermain (KB) Taruna Elim Kuanino, permainan ular tangga ini membuat mereka lebih aktif dan antusias selama proses pembelajaran.

Keywords: Anak usia dini, permainan tradisional, permainan edukasi, ular tangga, huruf kecil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Nurtiani, A. T., & Oktaviana, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Di Paud Islam Ceria Hidayatullah Lhoknga Aceh Besar.

Ariyanto, B. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar.

Ghoziah, F. (2022). Kemampuan Bahasa Anak Dalam Mengenal Huruf Alfabet Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Sukabumi Utara Jakarta Barat.

Guslinda& Kurnia, M. E. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Khadijah, & Armanila. (2018). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Kurnia, A., Muftie, Z., & Maryamah, R. (2022). Permainan Ular Tangga untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE), 13, 275–284. https://conferences.uinsgd.ac.id/

Kurniatisyah. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Pada Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues.

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Maqdalena, E., & Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.

Pedoman Tata Tulis Iakn. (n.d.).

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD. (n.d.).

Rahmadiani, S. (2018). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Media.

Robingatin, & Ulfah, Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Ar-Ruzz Media.

Septiana Rahayuningsih, S., Danny Soesilo, T., Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar.

Setiawati. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Grup Investigasi Dalam Materi Tentang Sumber Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Siregar, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2, 54–69.

Subana, Rahadi, & sudrajat. (2015). Statistik Pendidikan. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B). Alfabeta.

Sutayo. (2021). Buku Riset Ptk.

Syafrudin, U., Oktaria, R., & Sari, M. R. (2023). Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun. 7(1), 1–14. https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v%vi%i.13496

Syukri. (2021). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Al Abyadh, 4(1),16.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (N.D.).

Usman Jarjani, Mawardi, Zein Husna M, & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas.

Vera, C. (2022). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Dusun Deyah Baro.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1).

wyethnutrition. (2021, November 15). Manfaat Anak Belajar Huruf di Usia Dini. https://wyethnutrition.co.id/

Published
2024-12-14
Abstract viewed = 8 times
pdf downloaded = 5 times

Most read articles by the same author(s)