Problematika Pembelajaran Literasi Keuangan di SD dan Solusi Pemecahannya

  • Sunarti Djoko Universitas Negeri Malang

Abstract

Pendekatan kajian literatur sistematis ini menyelidiki problematika yang dihadapi oleh guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran literasi keuangan. Penelitian ini mengadopsi kerangka kerja yang diperkenalkan oleh (Soromessa, & Legese, 2020) yaitu populasi (population), intervensi (intervention), pembanding (comparison), hasil (outcome), dan konteks (context) (PICOC), sebagai laporan dalam mensintesis temuan dari 10 artikel yang diterbitkan antara tahun 2014-2024. Data dipilih dari database google scholar. Kajian penelitian ini bertujuan mengesplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran literasi keuangan, rendahnya kompetensi guru dalam pembelajaran literasi keuangan, dan strategi dan solusi pemecahan pembelajaran literasi di sekolah dasar. Temuan penelitian ini dapat berkontribusi secara teoritis dan praktis untuk meningkatkan pembelajaran literasi keuangan dan kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan menumbuhkembangkan pendidikan literasi anak di sekolah dasar.

Keywords: Anak Usia prasekolah, Permasalahan dan solusi, Literasi Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, & Zulfachry dan Kawan-Kawan. (2023). Literasi Keuangan. Padang: Penerbit. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Aflatoun. (2009). Child Social and financial Education. Human Rights Education in Asian Schools—Volume Twelve, 67–80.
Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. The Community Engagement Journal : The Commen, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.52062/thecommen.v2i1.73
Asri Dwi Ariyani, Rosa Nikmatul Fajri, Nila Hidayah, & Uci Dwi Sartika. (2022). Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3223–3230. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i12.2034
Başaran, S. T., Gürdal, G., & Altıntaş, S. (2021). Financial literacy in Turkish preschool education. Psycho-Educational Research Reviews, 10(2), 8–28. https://doi.org/10.52963/perr_biruni_v10.n2.01
Blue, L. E. (2016). Exploring the financial literacy education practices in a Canadian Aboriginal community: A case study. Griffith Research Online, 292. Retrieved from https://research-repository.griffith.edu.au/bitstream/handle/10072/367797/Blue_2016_01Thesis.pdf?sequence=1
Fenty Setiawati. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit.
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional, 1–41. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/11633/1/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf
Kisyani dan kawan-kawan. (2018). GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Jakarta: Penerbit. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krisdayanthi, A., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Menumbuhkembangkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 319–326. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.276
Maulana, R. W., & Kurniasih, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(2), 116–124. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i2.40532
Mengist, W., Soromessa, T., & Legese, G. (2020). Method for conducting systematic literature review and meta-analysis for environmental science research. MethodsX, 7, 100777. https://doi.org/10.1016/j.mex.2019.100777
Nurjanah, R., Surhayani, S., & Asiah, N. (2022). Faktor Demografi, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 7(01), 1–16. https://doi.org/10.37366/akubis.v7i01.431
Sari, R. C., Ilyana, S., & Widyawati. (2013). Model Pembelajaran Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini. Google Books, 1–83.
Series, D. P. (2019). The role of teacher professional development in financial literacy education : a systematic literature review. (January).
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27
SYAHID, I. (2023). Urgensi pendidikan literasi keuangan pada anak. 1(1), 64–80.
Tóth, Á., Suta, A., Pimentel, J., & Argoti, A. (2023). A comprehensive, semi-automated systematic literature review (SLR) design: Application to P-graph research with a focus on sustainability. Journal of Cleaner Production, 415(May). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.137741
Wilschut, A. (2018). A review of financial-literacy education programs for children and adolescents. https://doi.org/10.1177/2047173417719555
Published
2024-07-01
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 76 times