Pengaruh Ketergantungan Gadget Melalui Behaviour Therapy Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketergantungan gadget melalui behaviour therapy terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Menurut (Sugiyono, 2012) penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen (Pre-Experiment design) dengan jenis one group pretest and posttest. Menurut (Sugiyono, 2012) one group pretest and posttest design adalah suatu teknik untuk mengetahui efek sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Hasil dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh behavior therapy terhadap perkembangan sosial anak usia dini yang ketergantungan pada gadget. Berdasarkan hasil analisis statistik t-test yang diperoleh yaitu thitung = 14,276 pada taraf kesalahan 0,05 atau 5% sehingga nilai ttabel = 2.145. Nilai tersebut menunjukkan perubahan yang signifikan terlihat dari nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 ˂ 0,05 atau sig kecil dari 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh behavior therapy terhadap perkembangan sosial anak usia dini yang ketergantungan pada gadget.
Downloads
References
Abdurahman & Muhidin. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Efendi, F. (2013). “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini”. (Online) .http://fuadefendi.blogspot.in/2014/01/pengaruh-gadget-terhadap-perkembangan.html: 2
Elizabeth. (2015) 3 Tanda Anak Adiksi Gadget [Internet]. Jakarta: Kompas.com;//[diubah Februari 2016; diakses pada 31 Maret 2017]. Dari: http://health.kompas.com/read/2016/02/16/190300323/3.Tanda. Anak. Adiksi.Gadget.
Gantina, Komalasari. dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Luxima Metro Media.
Handrianto, P. (2013). Dampak Smartphone. Artikel. http:// sains journalfst 11.web .unair. ac.id/artikel_detail- 75305 Kesehatan Dampak %20 Smart %20 phone. htm l. Diakses 26 Januari 2018
Jonathan.dkk. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya.
Natawidjaya, Rochman. (2009). Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.
Novitasari, Wahyu. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS.
Novi. (2015). Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Sehari-Hari. Yogyakarta: FlashBooks.
Padmi, G. A. dkk. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar dan Sosial Emosional Anak. (4): 5
Rowan C. The impact of technology on the developing child [internet]. US: The Huffington Post; 2013 [diubah Juli 2013; diakses pada 31 Maret 2017]. Dari: http://www. huffingtonpost. com/cris-rowan/technology children- negative impact_b_3343245.html.
Riduwan. (2011). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Sari, T., P. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin, 2 (13)
Sinta. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal VI. [Skripsi]. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
------------. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsiwi. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Sosial Anak Autis di TK B, 10 (1)
Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Pendidikan Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sudjana. N. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Surya, Mohammad. (2003). Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Suryadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi
Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Usman, H. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Winkel. W.S. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.
Yudrik, Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana
Copyright (c) 2024 Sean Marta Efastri, Suharni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.