Analisis Manajemen Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Gambaran pola asuh terhadap kemandirian anak usia dini di TK Amaliyah Perawang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui Manajeman Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak termasuk kategori baik. Hasil persentase pernyataan faktor Anak mampu berinteraksi adalah sebanyak 69,58% responden dengan kategori S, hasil persentase nomor 2 Anak mulai mematuhi aturan adalah sebanyak 69,72% reponden dengan kategori S, hasil persentase pernyataan nomor 3 yaitu Anak dapat mengendalikan emosi adalah sebanyak 75% responden dengan kategori S, hasil persentase pernyataan nomor 4 yaitu Anak dapat menunjukkan rasa percaya diri adalah sebanyak 71,39% responden dengan kategori S, hasil persentase nomor 5 yaitu Dapat menjaga diri sendiri adalah sebanyak 67,1%. Hasil persentase tersebut dapat dinyatakan bahwa Analisis Manajemen Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Amaliyah Perawang yang memiliki pengaruh tertinggi ialah Anak dapat mengendalikan emosi yang berada dalam kategori S dengan tingkat 75%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : Rineka Cipta.
Asrori & Moh, Ali. 2004. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.
Azwar, Saifudin. 2009. Metode Penelitian. Jogjakarta : Pustaka Affset.
Brooks, Jane. 2011. The Process Of Parenting. Eds: 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Crain, William. 2007. Teori Perkembangan (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV Pustaka Setia.
Hurlock. 1996. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed: 5. Jakarta : Erlangga.
Ilmaeti. 2009. Perbedaan Kemandirian Anak Taman Kanak-kanak Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua : Studi Deskriptif Analitif Non
Nurhayati, Hani , 2015 Hubungan Kelekatan Aman (Secre Attachment ana pada orang tua dengan Kemandirian anak kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul
Puryanti,Imul. 2013 Hubungan Kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian di sekolah (Stdi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman di Kota Semarang tahun 2012)
Putri , Trifena Estu Minangkaning, 2016 Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Ibu-Anak dengan Kemandirian Anak Usia Dini
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan).Bandung : Mandar Maju.
Liliana, Astrid W. 2009. Gambaran kelekatan (Attachment) Remaja Dengan Ibu (Studi Kasus). Tersedia di: http://repository.udu.ac.id/artikel_10502034.pdf. (diunduh 11Februari 2012)
Lonan,J.M. 2008. Faktor-faktor Yang Berkaitan dengan Pola Kemandiriandan Kedisiplinan Anak Prasekolah. Vol 4
Monks, F. J. Knoers A.M.P. dan Haditono, S.R. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Alih bahasa: Siti Rahayu, Haditono. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mussen, P.H, dkk. 1989. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan
Mu’tadin, Z. 2002. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja Online. Tersedia: www.e-psikologi.com (29 Januari 2013)
Putri, Gilang Cempaka. 2009. Hubungan Antara Pola Kelekatan (Attachment) Orang Tua-Anak Dengan Kemandirian Anak Usia Remaja Awal: Studi Deskriptif Analitik Terhadap Siswa
Yuni Sri Utami, C. C. I. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Introvert pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(1).
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Eds: 11. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak: Children.Buku 1, Eds: 11.Jakarta: Salemba Humanika.
Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak: Children. Buku 2, Eds: 11.Jakarta: Salemba Humanika.
Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembagan Anak: Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.
Sokolova, Irina V, dkk. 2008. Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda? Jogjakarta: Katahati.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2024 Wasiah Sufi, Sean Marta Efastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.