Pencegahan Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini Melalui Penanaman Nilai Agama dan Moral di Kelompok Bermain

  • Nurhayati Tine Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Nutri Nurzia S Ismail Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencegahan perilaku tantrum pada anak usia dini melalui penanaman nilai agama dan moral Di Kelompok Bermain (KB) Az-Zikra Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pembahasan tentang perilaku tantrum melalui penanaman nilai agama dan moral (NAM). Subjek penelitian ini adalah satu orang anak dan satu guru Kb Az-Zikra. Objek dalam penelitian ini adalah melihat dampak penanaman nilai agama dan moral terhadap pencegahan perilaku tantrum. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi menggambarkan bahwa pencegahan perilaku tantrum pada anak usia dini melalui penanaman nilai agama dan moral dalam 6 indikator yaitu membiasakan diri beribadah, memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat), membedakan perilaku baik dan buruk, kepedulian, mematuhi aturan, dan tanggung jawab. Orang tua dan guru sangat berperan penting dalam menangani anak yang berperilaku tantrum dengan melalui penanaman nilai agama dan moral orang tua dan guru perlu menjadi teladan yang baik bagi anak.

Keywords: Anak Tantrum, Nilai Agama Dan Moral, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiarti, Wulan, 2012. Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini 2, Semarang: Universitas Negeri Searang

Albertin, Melati Widyaninta. 2017. Pemahaman Ibu Mengenai TemperTantrum Anak. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Chaplin. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers. Djalii.

Esti, Lusiana. 2015. Perbedaan Risiko Temper Tantrum Anak Usia Prasekolahan antara Ibu Bekerja dan tidak Bekerjadi di Roudlotul Atfalman 2 Kelurahan Gebang Kecamatan Patrangkabupaten Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.

Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WIShttps://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v5i1.686DOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 127–140. https://doi.org/10.21154/wisdom .v2i2.3077

Gepu, W. (2021). Membangun Militansi Agama Pada Anak Melalui Pengelolaan Bersama Lembaga Pendidikan, Lembaga Keagama dan Keluarga. Jurnal Manajeman, 5(1), 20– 40.

Hari Wijaya, 2011. Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis, (Jakarta: Oryza.

Hasan, M. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 1978

Ibung, Dian, 2009. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak, Jakarta: PT Elex Media Kompuindo.

Indriani, M. P., Tagupia, J. K., & Oentoe, F. J. A. (2021). Peran Guru Dalam Menggunakan Model Belajar Mengajar di SD GMIM TOMPASO BARU. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Mashar, R. 2011. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.

Munib, Achmad dkk, 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Mutiara, Wulansari. 2015. Perilaku Tantrum Anak Usia 5-6 Tahun di TK MarditamaTimbulharjoSewon Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Instruksional, 2(2), 128-136.

Nurjanah, Siti. 2018. Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STTPA Tercapai). Jurnal Paramurobi. Vol. 1 (1). 45.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nomor137 Tahun 2014, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembang Anak.

Poerdarminto, W. J.S., 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pusta.

Rahmi, P. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.

Sahlan, Asmaun. 2010Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah, Malang: UIN Maliki Press.

Santy, Irtanti. 2014. Pola asuh orang tua mempengaruhi TemperTantrum pada anak usia 2-4 tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherwan. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Agama Bagi Anak (Studi Pada Keluarga Petani di Desa Barumanis). An-Nizom, 0402, 137–147.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: kompetensi dan praktiknya.Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyanti, E., &Hariyanti, T. B. (2019). Strategi Mengatasi Tempertantrum Pada Anak Usia 3-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga di TK Wilayah Tumpang Kabupaten Malang. JurnalWiyata, 6(1), 13–20

Susilowati. 2010. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar pada Anak Didik Kelompok B TK Bhayangkari 68 Mondokan. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syafdaningsih, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher

Syamsul, Yusuf LN. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliansah, D. S., &Lyesmaya, D. (2021). Analisis Peran Guru sebagai Pengelola Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group di Kelas V Sekolah Dasar. JurnalPerseda, IV(2), 60–67.

Zaviere, Ferdinand. 2008. Mengenali dan Memahami Tumbuh Kembang Anak.Yogyakarta: KATAHATI.

Zelvi, A. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(1), 20-33.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times