Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini

  • Siti Fadillah Universitas Lancang Kuning
  • Yesi Novitasari Universitas Lancang Kuning
  • Azlin Atika Putri Universitas Lancang Kuning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan literasi budaya dan kewargaan pada pendidikan anak usia dini di kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan delapan orang guru yang terdiri dari empat lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru dalam mengembangkan literasi budaya dan kewargaan di PAUD sangat krusial dalam merancang program pembelajaran untuk mengembangkan sikap toleransi dan memahami keragaman budaya.   Guru pada lembaga PAUD menggunakan berbagai metode dalam menstimulasi literasi budaya dan kewargaan, seperti cerita rakyat, bermain peran, kegiatan pembelajaran berbasis proyek, field trip, dan pemanfaatan teknologi berupa video dan gambar. Hasil temuan dari penelitian ini dapat menjadi dasar  bagi lembaga PAUD untuk merancang program pembelajaran literasi budaya dan kewargaan secara hilostik dan efektif, serta sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu buku panduan pendidikan literasi budaya dan kewargaan anak usia dini.

Keywords: Peran Guru, Literasi Budaya, Kewarganegaraan, Anak Usia Dini, PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan : Ju, 1(2), 48–58.

Juardi, I. F., & Dewi, D. A. (2024). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar Negeri Pasirbitung. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 2(1), 223–230. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.1975

Kabari, M. I., Hayati, R. M., Ningsih, S. W., Dafara, Z. D., & Dafit, F. (2023). Pengembangan literasi budaya dan kewarganegaraan di sekolah dasar: studi kasus di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 73–82.

Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002

Muniroh, S., Khasanah, N., & Irsyad, M. (2020). Pengembangan literasi budaya dan kewargaan anak usia dini di sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 81–91. https://ejournal.unisnu.ac.id/jla/article/view/1571

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Radja, P. L., Saefatu, I. D., Jeki, R., Lopo, K., Tse, E., Saefatu, I. D., Jeki, R., & Lopo, K. (2024). Evaluasi Program Paud Holistik Integratif Dengan Model. 8(2).

Rapanta, C., Vrikki, M., & Evagorou, M. (2021). Preparing culturally literate citizens through dialogue and argumentation: Rethinking citizenship education. Curriculum Journal, 32(3), 475–494. https://doi.org/10.1002/curj.95

Rustanty, D. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 5(1), 274–278.

Sari, D. A., & Supriyadi, S. (2021). Penguatan literasi budaya dan kewargaan berbasis sekolah di sekolah menengah pertama. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 13. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.19409

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alf.

Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children’s Literature. 257(Icollite 2018), 346–348. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.76

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41

Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, & Putra, I. (2020). The efforts to improve culture literation and student citizenship through ICT based (LBK) media in pancasila and citizenship education. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1513–1519. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080444

Published
2024-06-25
Abstract viewed = 128 times
PDF downloaded = 81 times