Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Akhlak kepada Alam di SD

  • Erlina STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Sebagai pelajar Pancasila menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari ekosistem alam, maka manusia berkewajiban untuk menjaga lingkungan dan melestariakan alam agar kehidupan manusia tetap terjaga dan dapat hidup berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan tahapan penguatan profil Pancasila pada elemen akhlak kepada alam melalui proyek tema gaya hidup berkelanjutan di SD Negeri 2 Bayuning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Subjek diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan peringkat di kelas dan snowball sampling. Teknis analisis data menggunakan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, data display (penyajian data), dan conclusion. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat tahapan dan proses yang belum sesuai dengan pedoman pelaksana proyek pancasila (P5) yakni pembentukan tim fasilitator proyek P5 dan modul pelaksanaan proyek P5. Namun sekolah tetap melaksanakan proyek dengan bekerjasama dengan orangtua, komite sekolah, dinas Lingkungan Hidup, dan puskesmas untuk memperkuat profil pancasila pada elemen akhlak  kepada alam.

Keywords: profil pelajar pancasila, kurikulum merdeka, elemen akhlak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project-Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMAN 1 Kota Sukabumi. Juran Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659–1669.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Hasnawati. (2020). Akhlak Kepada Lingkungan. Jurnal Pendais, 2(2), 203–218.

Kemendikbudristek. (2022c). Dimensi , Elemen , dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.

Ramadan, Z. H. (2017). Pemahaman Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Sebagai Suatu Cara Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 84–93.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Msayarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitafif, Kuantitatif, dan R&d (Sutopo (ed.); Pertama). Alfabeta.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2),116–132. https ://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.

Published
2024-06-28
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 24 times