Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

  • Intan Dwi Yunianti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Lilif Muallifatul Khorida Filasofa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Abstract

Pengenalan metode eksperimen dalam pembelajaran sains anak usia dini merupakan penerapan metode pembelajaran melalui stimulasi untuk meningkatkan rasa ingin tahu, minat, dan pemecahan masalah, sehingga anak mengamati dan merefleksikan konsep dan peristiwa yang dikembangkannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tahap persiapan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi penerapan metode eksperimen pembelajaran sains anak usia dini di TK Himawari. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 4-6 tahun Kelompok TK B sebanyak 11 anak dan guru. Hasil penelitian bahwa menunjukkan tahap persiapan meliputi rancangan pelaksanaan pembelajaran dan media pembelajaran. Tahap penerapan pembelajaran sains meliputi penjelasan kegiatan, mengenalkan alat dan bahan, memberikan arahan terkait langkah-langkah percobaan dan membuat kesepakatan sebelum bermain. Tahap evaluasi setelah pembelajaran sains meliputi penilaian terhadap anak dari proses pembelajaran hingga hasil belajar anak.

Keywords: metode eksperimen, sains anak, metode pembelajaran, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usai 5-6 Tahun ( Kelompok B ). Jurnal DIDAKTIKA, 10(2), 98.

Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 142.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 62.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 42.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal AWLADY Pendidikan Anak, 4(2), 103–107.

Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(2), 97.

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 59–60.

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 231.

Pahlewi, R., Nasirun, & Syam, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Proses Pelarutan Pada Anak Kelompok B5 PAUD Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 95.

Permata Sari, N., & Juniarti, Y. (2019). EVALUASI PESRTA DIDIK MENGGUNAKAN KUNJUNGAN RUMAH/HOME VISIT. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 108. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.838

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi, 8(1), 90.

Published
2024-12-13
Abstract viewed = 31 times
pdf downloaded = 32 times

Most read articles by the same author(s)