Implementasi Meningkatkan Kemampuan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle

  • Kanada Komariyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Erik Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk menstimulus kemampuan  social emosional anak masih belum optimal karena adanya anak yang agresif saat bermain, rasa percaya diri yang rendah, tidak sabar saat bermain dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus aspek perkembangan anak,. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Media pembelajaran puzzle mengandung nilai pendidikan sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak, yang berfungsi untuk merangsang perkembangan fisik, sosial, bahasa dan kognitif pada anak. Permainan puzzle dapat meningkat aspek perkembangan social emosinal anak untuk menciptakan sikap mandiri, percaya diri, memahami peraturan dan disiplin, mau menolong dan membantu teman, serta memiliki rasa empati dengan teman. Perkembangan social emosional anak di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung yaitu menunjukkan belum berkembang 2 anak, 4 anak mulai berkembang, berkembang sesuai harapan 4 anak dan berkembang sangat baik terdapat 2 anak.

Keywords: Kemampuan Sosial dan Emosional, anak usia dini, bermain puzzle

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bello, F. Di, Giamundo, M., Brunamonti, E., Cirillo, R., & Ferraina, S. (2019). The Puzzling Relationship between Attention and Motivation: Do Motor Biases Matter? Neuroscience, (March). https://doi.org/10.1016/j.neuroscience.2019.03.011

Brown, G. L., Brent, A., Development, C., Shin, N., Studies, F., Bost, K. K., … King, P. (2007). Parenting Predictors of Father-Child Attachment Security : Interactive Effects of Father Involvement and Fathering Quality. 5(3), 197–219. https://doi.org/10.3149/fth.0503.197

Dikta, B., Ria, R., Desni, D., Program, Y., Pendidikan, S., Anak, P., … Untan, F. (n.d.). FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL (STUDI KASUS ANAK YANG BERMASALAH DI TK).

Febrialismanto, F., & Nur, H. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Masruroh. (2019). PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BALOK GEOMETRI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR 01 AR-RACHMAN SURABAYA. Journal Media of Teaching Oriented and Children, 3(2), 107–115.

Nurhayati, P., Nirmala, I., & Ekaputri, F. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD DARUSSALAM TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG. https://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.540-553

Paende, E., Florensya, F., Pelamonia, R., Sabda, Y., & Reformasi, H. A. (n.d.). Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Dan Implementasinya Bagi Orang Tua Masa Kini.

Voorhis, F. L. Van, Maier, M. F., Epstein, J. L., & Lloyd, C. M. (2013). The impact of family involvement on the education of children aged 3 to 8. (October), 1–199.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 0 times