Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo

  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulastya Ningsih
  • Asrianti S Bonggu Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one Group pret-test & post-test design. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 24 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata – rata dari hasil pre-test dan post-test sebesar 18,29 dan 31,21. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan hipotesis (Hi) diterima dengan uji regresi linier nilai signifikan 0,000 dan <0,05. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun di TK Az-Zikra Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo.

Keywords: Paper Quilling, kemampuan motorik halus, taman kanak – kanak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amari, R. O. (2023). Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B2 DI TK Yunico Kota Jambi

Azizilana, N., & Putri, N. K. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Paper Quilling Pada Anak Usia Dini. Generasi, 1(01), 59–78. https://doi.org/10.59784/generasi.v1i01.8

Fitriyah. (2018). Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Huda, Grujugan Bondowoso Tahun 2016-2017. UM Jember, 1–15.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. GENERASI EMAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52.

Herniawati, A. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Intisabi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2

Hidayati, S., Weriana, W., Suryana, E., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Perkembangan Kognitif Menurut Teori Sosio-Kultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6706–6714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2305

Idris, N. R. (2022). Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 79. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10352

Jurnal, A., Aura, P., No, V., Hal, D., Tk, D., Pniel, Y. P. K., Sorong, K., Fera, K., Yolan, W., Axelina, M., Jurnal, A., & Aura, P. (2023). Penerapan Kegiatan Mewarnai Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Usia 5 -6 Tahun Pengertian Motorik Halus. 4(2), 312–323. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.1274

Mulyawartini, G. A. (2019). Melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B TK Harapan Kelayu. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(1), 118–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mustiani, N., MY., M., & Hayat, N. (2023). Kegiatan Bermain Plastisin dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Journal of Educational Research, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.200

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Nurrahmah, S. (2022). Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. … Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(November), 217–226. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/13578%0Ahttps://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/viewFile/13578/10087

Pangesti, N. P., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Kumara Cendekia, 7(4), 381. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35022

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Puspitasari, A. (2021). Pengaruh Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 24. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.20965

Rohmatin, I., & Hasibun, R. (2017). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Paper Qualling Pada Anak Kelompok B3 di TK Darul Falah Cukur Diwek Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 06, 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/20310

Ruri, R. O., Laiya, S. W., & Ardini, P. P. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 85–90. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.115

Sita Dewi, N. L. D. A., & Yulaika, A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Ra Diponegoro Desa Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.181

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Suwika, I. P., & Aryati, P. (2021). Pengaruh kegiatan paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA AL-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Jurnal Bungamputi, 7(1), 27–35.

Wahyuni, D. C. (2021). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 49–53. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33826

Wahyuni, J. (2019). Pengaruh Permainan Menjahit terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak 5-6 Tahun. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, Journal of(1), 1.

Wahyuningtyas, D., Nugroho, I. H., & Lestariningrum, A. (2019). Kegiatan “ Paper Qualling ” Untuk Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01, 1–8. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/378

Yan Yan, N., Endah, J., Sri, N., & Siti, A. (2019). Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training, 3(2), 85–92.

Yusnisari, S., & Tarsidi, I. (2020). Pengaruh Paper Quilling Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang. Jassi Anakku, 20(1), 26–30. https://doi.org/10.17509/jassi.v20i1.29580

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times