Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Pembelajaran Sentra di Sekolah Laboratorium

  • Ika Subekti Universitas Negeri Jakarta
  • Lara Fridani Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana TIK diintegrasikan dengan pembelajaran anak usia dini berbasis sentra di sekolah laboratorium yang memberikan layanan pendidikan untuk anak usia 2-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah laboratorium universitas negeri di Jakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah para pendidik di sekolah laboratorium yang disebut dengan “Educarer”. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan perangkat TIK berupa laptop, komputer, tablet, smartphone, televisi Android dan tape recorder dalam integrasi pembelajaran anak usia dini yang dilaksanakan di sentra pembelajaran yang mencakup Sentra Persiapan, Sentra Eksplorasi, Sentra Membangun dan Sentra Seni. Secara lebih spesifik, hasil penelitian menunjukkan optimalisasi penggunaan perangkat TIK oleh pendidik yang diintegrasikan dengan konten pembelajaran dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan pada keempat sentra pembelajaran tersebut. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa Educarer juga menyampaikan pentingnya pelatihan untuk mengembangkan keterampilan penerapan TIK dan integrasinya dalam pembelajaran anak usia dini. Lebih lanjut, Educarer juga menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam integrasi TIK pada pembelajaran sentra bagi anak usia 2-6 tahun.

Keywords: Integrasi, Sekolah Laboratorium, Sentra Pembelajaran Anak Usia Dini, TIK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnott, L. (2017). Digital Technologies and Learning in the Early Years. SAGE Publications Ltd.

Bisnis.com. (2023, March 10). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Bisnis.Com.

Bottini, M., & Grossman, S. (2005). Center-Based Teaching and Children’s Learning: The Effects of Learning Centers on Young Children’s Growth and Development. Child Education.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th edition). Pustaka Pelajar.

Daniels, D. H., & Clarkson, P. K. (2010). A Developmental Approach to Educating Young Children. Corwin a SAGE Company & Division 15: Educational Psychology American Psychological Association.

Dodge, D. T., Colker, L. J., & Heroman, C. (2009). The Creative Curriculum For Preschool (4th ed.). Teaching Strategies.

Duffy, J. L., & McDonald, J. B. (2011). Teaching and Learning With Technology 4th edition (4th ed.). Pearson.

Gronn, D., Scott, A., Edwards, S., & Henderson, M. (2014). ‘Technological me’: young children’s use of technology across their home and school contexts. Technology, Pedagogy and Education, 23(4), 439–454. https://doi.org/10.1080/1475939X.2013.813406

Hasbi, M., Nurjannah, N., & Hasanah, L. (2020). Early Childhood Learning from Home: Implementation of Distance Learning in Early Childhood Education during the Covid-19 Pandemic Period in Indonesia. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 14, Issue 11). www.ijicc.net

Holt, J. (2017). How Children Learn. Merloyd Lawrence Book.

Kalaš, I. (2010). Recognizing the potential of ICT in early childhood education Analytical survey.

Kayode, O. P., & Olaronke, B. K. (2014). Perceived Importance of ICT in Preparing Early Childhood Education Teachers for The New Generation Children. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(2), 119–124.

Kleine, D., Hollow, D., Poveda, S., Jigsaw Consult., University of London. Royal Holloway. ICT4D Centre., & UNICEF. (2014). Children, ICTs and development : capturing the potential, meeting the challenges.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., Whiren, A., & Ruppier, M. (2004). The aesthetic domain. Developmentally appropriate curriculum: Best practices in early childhood education.

Liputan6.com. (2021, April 15). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Liputan6.Com.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice (2nd edition). Jossey-Bass.

McLachlan, C., Fleer, M., & Edwards, S. (2013). Early Childhood Curriculum Planning, Assessment and Implementation (2nd ed.). Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif terj. UI Press.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04

Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2015). ICT and play in preschool: early childhood teachers’ beliefs and confidence. International Journal of Early Years Education, 23(4), 409–425. https://doi.org/10.1080/09669760.2015.1078727

Palaiologou, I. (2016). Children under five and digital technologies: implications for early years pedagogy. European Early Childhood Education Research Journal, 24(1), 5–24. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.929876

Tager, M. (2020). Technology Segregation. Lexington Books.

UNESCO. (2018). UNESCO ICT Competency Framework for Teachers : version 3.

Published
2024-06-10
Abstract viewed = 89 times
PDF downloaded = 70 times