Deskripsi Kepercayaan Diri Anak Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun

  • Siti Irtia Asmahan Marada Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryana Jamin
  • Yenti Juniarti

Abstract

Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini ditetapkan sumber data primer dan data sekunder. Data primer yaitu yang akan menjadi data utama, dalam hal ini yang menjadi data utama adalah anak dan guru kelas di TK Negeri Mekar Indah Adapun data sekunder yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu data peneliti yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara yaitu berupa dokumentasi, gambar, arsip laporan sekolah dan buku-buku lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kepercayaan diri anak. Adapun indicator yang digunakandalam penelitian ini
adalah : (1) berani maju di depan kelas; (2) berkomunikasi dengan teman dan guru (3) berani menyampaikan ide/gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sikap percaya diri anak berkembang dengan baik. Sikap percaya diri tersebut tercermin pada ciri-ciri anak yang percaya diri yaitu yakin dengan. Sikap percaya diri tersebut tercermin pada ciri-ciri anak yang percaya diri yaitu kemampuan tampil di depan kelas, berkomunikasi dengan teman/guru dan berani menyampaikan ide/gagasannya.

Keywords: kepercayaan diri, anak usia 5-6 tahun, pendidikan anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. (2015). Pendidikan Karakter Bangsa Edisi 2 (2nd ed). Calpulis

Abdullah. S. M. (2019) . Social C0gnitive Theory : A Bandura Tought Review Published In 1982-2012. Psikodimens i,18(1), 85.

Asih, S. W. (2019). Pola Asuh Orangtua Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Prasekolah Di TK Islam Terpadu Amanah Sumber Sari Jember. Journal Of Nes Community, 10(2)

Diadha, R. (2015) Keterlibatan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini Ditaman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(10), 61.

Firiani, A. (2016). Strategi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini.

Fransisca R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4:630-638.

Ginawati, D. (2017.). Meningkatkan Perkembagan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing). STKIP Siliwangi Bandung.

Hasyim, D.I., & Saputri , N. (2021). Deteksi Dini Dan Edukasi Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Balita Di Desa Podomoro Kabupaten Pringsewu. Jurnal Bagimu Negeri, 5(1), 10-14.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir anak. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016.

Kartini, S.(2019). Krisis Percaya Diri. Semarang. Mutiara Aksara.

Mulyani, N. (2014). Meningkatkan Perkembangan Social Emosional Anak Usia Dini. Raushan Fikr..

Ningsih, (2014). Meningktkan Percaya Diri melalui metode show and tell pada anak kelompok A TK Marsudi Putra Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014. Jurnal PTK. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurmalitasari, F. (2015) Penganiyaan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Buletin Psikologi. 23:103-111

Nurjannah, N. (2017). "Mengembangkan Keecerdasan Sosial Emoosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan". Hisbah : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14, no. 1.

Nurmaniah, & Damayanti, I. (2018). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Domenstrasi Di PAUD Binika Desa Suka Ramai- Langkat.

Putra, Nusa Dan Ninin Dwi Lestari. (2013) .Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi Dan Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Anas. 29017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Susanti, S.M. (2018). Menejemen Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD Berbasis Masyarakat. Jurnal Tumbuh Kembang, 5(1), 1-9.

Saleh, G. (2018). Pengaruh Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini, Medium. 6 (2), 21-61.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola Dan Mengembangkan Soaial & Emosi Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.

Wahyuni , S., Syukuri, M., & Miranda, D. (2015). Meningkatkan Perkembagan Sosial Emosional Melalui Pemberian Tugas Kelompok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Vega, A, De, Hapidin H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2). 433.

Published
2024-06-28
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 5 times