Pengembangan Media Board Game Berbasis Local Wisdom Dalam Penanaman Karakteristik Berkebinekaan Global
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk Board Game agar menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam memahami local wisdom sebagai bagian dari upaya penanaman karakteristik berkebinekaan global sebagai salah satu karakteristik pelajar pancasila. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD kelas III di SDIT Darul Amanah, metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tiga langkah-langkah penelitian pengembangan, yang terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan, serta pengujian dan diseminasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, penilaian produk oleh ahli, dan penyebaran angket efektivitas media board game tersebut. Hasil penelitian menunjukan media board game berbasis local wisdom dalam menanamkan karakter berkebhineakaan global dikatakan layak berdasarkan hasil validasi produk oleh validator ahli materi dan validator ahli media setiap komponen mencapai kevalidan yang tinggi yang dibuktikan dengan nilai rerata skor Aiken’s V 0,813. Luaran penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berbentuk Board Game yang akan disosialisasikan ke guru-guru di sekolah.
Downloads
References
Atika, N.T., Wakhuyudin, H., dan Fajriyah, K. 2019. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol.24. No.1. Tahun 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/17467/10490.
Jordi, D., dkk. (2017). Perancangan Board Game Edukatif Tentang Peduli Lingkngan untuk Anak Usia 7-12 tahun. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol.6, No. 1.
Kadir. 2015. STATISIKA TERAPAN : Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Kemdikbud. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Maisyaroh, M. P. 2019. Pengembangan Media Jelajah Nusantara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cekopomulyo 01 Kepanjen pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang
Permananda,P.T dan Wahyuni. 2020. Efektivitas Media Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. JSD: Jurnal Sekolah Dasar. Vol.1(01) Hal.18-24.
Utomo, E.P. 2020. Pengembangan Media Janus (Jelajah Nusantara) pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol. 5, No. 1.
Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Copyright (c) 2024 Myrna Apriany Lestari, Yani Fitriyani, Eli Hermawati, Rini Ramdhania, Ndaru Mukti Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.