Penggunaan Media Film Animasi Nussa dan Rara untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun

  • Cindy Cinthia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khadijah Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan media film animasi Nussa dan Rara, tahapan pelaksanaan media film animasi Nussa dan Rara untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun, dan apakah nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui media film animasi Nussa dan Rara di RA An-Nida semester II Tahun pelajaran 2023/2024. Ketujuh belas siswa kelas B RA An-Nida dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam metodologi penelitian ini. Dokumentasi dan observasi adalah dua metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan media film animasi Nussa dan Rara dapat meningkatkan nilai agama dan moral anak. Berdasarkan hasil analisis kondisi awal menunjukkan ada 2 anak ataupun 11,8% dengan nilai agama dan moralnya berkembang sangat baik. Pada siklus I meningkat jadi 7 anak ataupun 41,2% serta dalam siklus II naik jadi 14 anak ataupun 82,3% anak yang berkembang sangat baik.

Keywords: film animasi nussa dan rara, nilai agama dan moral, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia, F. R. (2020). Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065

Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 216–223.

Elisa, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Sentra Imtaq Berbasis Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. In Jurnal PAUD Emas (Vol. 2, Issue 1). https://repository.unja.ac.id/48280/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/48280/2/AYU BAB 1.pdf

Hafidhoh, H., Hibana, & Surahman, S. (2021). Nilai-nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia Dini yang Terkandung dalam Film Animasi Nusa dan Rara. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(2), 69–82.

Hayati, M., Albantani, A. M., & Faridah, I. (2022). Nilai-Nilai Moral dalam Film Animasi Nusa dan Rara. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 37–48. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.693

Hikmawati, L., Arbarini, M., & ... (2022). Pengaruh Animasi Kartun Nussa dan Rara Terhadap Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Prosiding Seminar …, 615–618. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1538

Jeki Krisnadina Lopo, R. (2023). Dampak Pemberian Hadiah Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 242–247. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3464

Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Khadijah. (2016). Pengembangan keagamaan anak usia dini. Raudhah, IV(1), 33–48.

Khadijah, Nurhalizah, R., & Rohani. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audiovisual Pada Anak Kelompok B di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Raudhah, 8(1), 1–11. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah

Latifah, L., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Nusa Dan Rara. Jurnal Buah Hati, 9(2), 109–117. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2109

Liyatus Zahroh, Khoirul Asfiyak, I. A. (2020). Upaya Pengamalan Nilai-Nilai Moral Agama Di Sentra Balok Pada Anak Usia Dini Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 133–149.

Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Mahmud, A., Musi, M. A., & Bachtiar, M. Y. (2023). Pengaruh Film Nussa dan Rara sebagai Media Pendidikan dalam Menanamkan Aspek Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di RA Raodhatul Jannah. 7, 23968–23975.

Nabilah, I., Khoiriah, I., & Suyadi, S. (2019). Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 192–203. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184

Nurhayati, N., Fadillah, N. D., Setianingsih, H. P., & Usman, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3648–3662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Nurul Hasanah. (2022). Deteksi Perkembangan Anak Paud Harapan Bunda Di Desa Sugih Waras. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 3039–3046.

Padilah, A. W. R. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 95–102. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10696

Putri, S. J., & Nadlif, A. (2023). Penerapan Film Animasi Nussa Dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1140. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19240

R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2024). Menyiasati Tantangan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Cendekia Pendidikan, 3(8), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Rifmasari, Y., Sukandar, W., & Nuvus, V. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Educatio, 7(4), 1992–1997. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1407

Safitri, L. N., & ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08

Sari, D. K., Masfi’ah, S., & Damayanti T.M., R. (2021). Efektivitas media film animasi nussa dan rara untuk mengenalkan ketauhidan pada anak di TK Al Huda Kota Malang. Jurnal Pendidikan Anaka Usia Dini, 4(1), 1–10. http://repository.um.ac.id/142275/

Sartika, I. D., & Putri, Y. F. (2021). Peningkatan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Media Audio Visual. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 96–111. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.8967

Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk Ruang Lingkup, Indikator, dan Pengembangannya. Kencana.

Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Infomedika.

Susetya, P. D. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral Pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakartadari.

Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/594

Widiana, Y. W., Saepudin, A., & Dari, R. W. (2023). Strategi Perkembangan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 83–94. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/325

Yanti, Syukri, & Halida. (2019). Peningkatan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Di Paud Adinda Melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(11), 1–14.

Zahra, Q.N, D. (2021). Membangun Karakter Sejak Anak Usia Dini Melalui Penanaman Nilai-Nilai Agama. Educatio, 16(1), 50–57. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3479

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Published
2024-05-28
Abstract viewed = 222 times
PDF downloaded = 136 times

Most read articles by the same author(s)