Pengaruh Bermain Puzzle Geometric terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain puzzle geometric terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 32 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kecerdasan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,40 yang memiliki arti bahwa pengaruh bermain puzzle geometric terhadap kecerdasan visual spasial anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji Mann Whitney test mendapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bermain puzzle geometric berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Agustina, L. (2017). Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), 6(2), 186–192.
Amanda. (2018). Pengaruh Bermain Puzzle Geometri terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Al-Hidayah Riwayat Artikel: Kata kunci: Alamat Korespondensi. Instructional Development Journal (IDJ), 20, 15–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Anggraini, A., Sit, M., & Basri, M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 123–130. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1937
Anita;, Risyak, B., & Surahman, M. (2015). Implementasi bermain balok unit dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 89–97.
Apecawati, L. D. (2018). Hubungan Kecerdasan Visual Spasial Dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul. Jurnal.Untan.Ac.Id, 7(1), 1–11.
Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. In Adjie Media Nusantara (p. 3).
Fatima, F. M. (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A DI TK Ar Rahman Kab. Maros. OBSESI, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Hamidah, N., & Yudianto, E. (2018). Kecerdasan Visual Spasial Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus. Saintifika, 20(2), 1–10.
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 226–239.
Musfiroh, T. (2018). Teori dan Konsep Bermain. In Modul PAUD: Bermain dan Permainan Anak UT. http://repository.ut.ac.id/4699/1/PAUD4201-M1.pdf
Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499
Nawangsasi, D., Sasmiati, & Maulida, A. N. (2020). Penggunaan Media Pebelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(3), 1–4.
Nawangsasi, D., & Syafrudin, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orangtua dan Guru tentang Hakikat PendidikanAnak Usia Dini melalui Kegiatan Seminar Pendidikan. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Nuraini. (2019). Penerapan Alat Permainan Edukatif Puzzle Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Sinar Harapan Panjang Bandar Lampung Skripsi. In Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Prasetyo, D. D., & Abidin, M. Z. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Faitmah Pati. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama …, 2(1), 236–248. http://www.staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/saliha/article/view/195
Ratno, A., & Kurniawati. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 83–98.
Sofia, A., Haenilah, E. Y., & Sari, R. P. (2015). Pengaruh Penggunaan Bermain Plastisin Terhadap Peningkatan Kreatifitas Aanak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 1–17.
Suwanti, S. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Melukis Kkelompok B 2 Di RA Rahmatul Huda Ciledug Tangerang. Paud Lectura, 3(1), 79–92.
Warda, A., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Implementasi Model Discovery Learning Pada Sub Materi Pemanasan Global. American Journal of Research Communication, 5(2), 12–42.
Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042
Copyright (c) 2024 Feni Puspita Sari, Ari Sofia, Devi Nawang Sasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.