Evaluasi Program PAUD Holistik Integratif dengan Model CIPP di PAUD Eunike Lobalain

  • Petrus Logo Radja Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Irony D. Saefatu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Retno Lopo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Esterina Tse Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan program layanan PAUD HI pada  Pendidikan Anak Usia Dini Eunike Lobalain di Kabupaten Rote Ndao serta untuk mengetahui hasil evaluasi program layanan PAUD HI dengan model CIPP di PAUD Eunike Lobalain Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Evaluasi Konteks : Adanya pemahaman yang baik tentang latar belakang pelaksanaan program PAUD HI,  kebutuhan, tujuan, dan sasaran program PAUD HI 2) Evaluasi Input : Program layanan PAUD HI pada PAUD Eunike didukung dengan adanya sumber daya yang memadai seperti kerjasama dengan berbagai pihak terkait program PAUD HI, serta Rencana Program dalam menanggulangi kendala-kendala yang ditemui pada pelaksanaan program PAUD HI. 3) Evaluasi Proses: dalam prosesnya Program layanan PAUD HI  pada PAUD Eunike ini telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang telah diprogramkan seperti implementasi kerjasama dengan berbagai pihak, serta pengembangan program yang disesuaikan dengan kebutuhan. 4) Evaluasi Produk:  Produk atau luaran,  keuntungan serta dampak yang  dihasilkan dari Program Layanan PAUD HI pada PAUD  Eunike meliputi layanan pendidikan, kesehatan, Gizi, perlindungan dan pengasuhan.

Keywords: Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Pendidikan Anak Usia Dini, Model CIPP (Context, Input, Proces dan Output)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni Isti Fardila, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani. 2022. “Implementasi PAUD Holistik Integratif Pada TK Di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022.” Journal of Classroom Action Research … 4(4):1–6. doi: 10.29303/jcar.v5i1.2298.

Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137-164.

Ambariani & Dadan Suryana. (2022). Hambatan Dan Implementasi PAUD Berbasi Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356-1327. https:/ / doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599

Angkur, Maria Fatima Mardina. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356-1327. https:/ / doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Chukwbikem, Peace, E. I. (2013). Resource For Early Chilhood Education (ECE). Mediteranian Journal Of Sosial Sciences Vol 4 No 8. 161-172.

Djuanda, Isep. 2020. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3(1):37–53.

Direktorat Pengembangan Anak Usia Dini, Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Di Satuan PAUD. Jakarta : Kemendikbud.

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif Dalam Pelayanan Kebutuhan Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Indonesia Jurnal Of Educational Science (IJES), 1(1),17-24. https:// doi.org/10/3165/ijes.v1i1.133

Fajrin, N. P., & Purwastuti, L. A. (2022). Keterlibatan Orang tua dalam Pengasuhan Anak pada Dual Earner Family: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2725–2734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1044

Fitzpatrick, J. L. (2011). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (4th edition). New Jersey: Pearson Education.

Huliyah, Muhiyatul. 2016. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Guru Raudlatut Athfal 1(1):60–71.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-25.

Kristiawan, M, jumeldi, A, Ahmad, S & Asvio, N. (2016). The Implementation Of Affective Assessment For Islamic Education In High School 1 Pariangan. Journal Of Social Sciences, 9(4): 1-8.

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-355.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1986). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook

of New Methods. California: SAGE Publications Inc.

Moleong, Lexy.J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubai, Akrimullah, Nizwardi Jalinus, Ambiyar Ambiyar, Wakhinuddin Wakhinuddin, Rijal Abdullah, Fahmi Rizal, and Waskito Waskito. 2021. “Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1383–94. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.549.

Mushlih,Ahmad. Rahimah. Insiyah,Ma’fiyatun. Muzdalifah. Uminar, Ajeng Ninda. Imami, Fidzah. Maula, Inayatul. Parapat, Asmidar. Lestari, Puti. Khairunnisa, Lina. Rahmawati, Yuning Eka. Maisari, Sri. Munafiah, Nida’ul. Wathani, Septia Nrul. Rahimah. Susanti, H. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap Isu-isu Menarik Seputar AUD. Jakarta.

Nopitasari, R & Imelda, J. D. (2018). Perlindungan Dan Kesejahteraan Anak: Studi Deskriptif pada keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Laki-laki Di Lombok Timur. Jurnal Ilmu Kesejateraan Sosia, 18 (1), 15-33. https :/ / doi.org/10.754/jurnalkesos.v18i1.35

Oktaviani, Dewi Ayu, and Dimyati Dimyati. 2021. “Penerapan PAUD Holistik Integratif Pada Masa PandemiCovid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1870–82. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.995.

Panzilion, Padila, & Juli, A. (2021). Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Guru. JOURNAL OF TELENURSING (JOTING), 3, 85–94.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik - Integratif.

Rini Aulia, yaswinda, Mega Adyna Movitaria. 2022. “Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD Tentang Pendidikan Holistik Integratif Di Nagari Taram.” Jurnal Inovasi Penelitianitian 2(8):2363–72.

Rosmawati, S., Rosidah, L., & Amalia Hayani, R. (2022). Penerapan PAUD Holistik Integratif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Permata Ibu. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 133–142. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2484

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50–64. https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.24260

Sari, W., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Buku Penghubung sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orang Tua tentang Perkembangan Ibadah Anak. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.310

Sholichah, A. S., Ayuningrum, D., & Afif, N. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Simatupang, N.D. (2022). Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di TK Insan Cendekia. Ejurnal Unesa. Ac.Id, 11, 19-26

Stufflebeam, D. L. (2007). Evaluation, Theory, Models, & Application. San Fransisco: CA: Whilley.

Stufflebeam, D, L. (2012). Educational evaluation and decising making, Illionis : Hasca Illinois Pecocok Publicers Inc.

Stufflebeam, D.L., Coryn, Chris L.S.. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass.

Suarta, N., Dwi, D., & Rahayu, I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 31.

Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD "Holistik Integratif'di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 675-685.

Susanti, D., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Program Holistik Intgratif Model Cipp di TK Se Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2631-2638.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10-19.

Ulfadhilah, K., Nurhayati, E., & Ulfah, M. (2021). Implementasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 115. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10288

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiwik Pratiwi. 2017. “Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini.” Manajemen Pendidikan Islam 5:106–17.

Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.

Yosi Isratati, Yaswinda, Mega Adyna Movitaria. 2022. “Implementasi Model Cipp Dalam Pelaksanaan Paud Holistik Integratif Di Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.” Jurnal Inovasi Penelitian" 1(8):2333–42.

Yuniriyanti, E., Sudarwati, R., & Subianto, T. (2019). PKM: PAUD PKK Al IKHSAN DESA PANGGUNGREJO WUJUD SINERGI DESA DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Eny. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(3), 210–215. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Published
2024-05-27
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 32 times