Penanaman Karakter Religius Melalu Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Abstract
Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter religius individu sehingga tertanam identitas muslim yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter religius melalui pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius melalui pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan yaitu melalui tahap perencanaan pembelajaran dengan membuat program tahunan, program semester, RPPM, dan RPPH serta menggunakan acuan buku pedoman dari Aisyiyah. Tahap pelaksanaan yaitu pengkondisian sebelum pembelajaran dengan bernyanyi dan aneka tepuk. Materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan diantaranya syahadat, asmaul husna, nama surat, tahfidz, hadits, doa iftitah, ibadah, shiroh, pengenalan pendiri Muhammadiyah dan Aisyiyah, amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah, serta lambang Muhammadiyah. Tahap evaluasi pembelajaran yaitu dengan observasi, catatan anekdot, check list, dan hasil karya. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran yaitu beberapa materi belum tersampaikan kepada anak karena adanya agenda insidental guru.
Downloads
References
Abdullah, A. (2000). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.
Achmad, A. K. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) sebagai penguat Pendidikan Karakter. Profetika: Jurnal Studi Islam. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/document.pdf
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.
Amriani. (2021). Penguatan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Palopo). Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759–765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458
Anshori, A. (2018). Lembaga Pengembangan Pondok Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Bingkai Sistem Perkaderan Muhammadiyah.
Ariga, S., & Nurhakim, M. (2022). Peran Dayah Muhammadiyah dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Aceh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16499–16507. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5057%0Ahttps://www.j ptam.org/index.php/jptam/article/download/5057/4276
Bredekamp, S. (2009). Bredekamp DAP explain. https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSDAP.pdf
Dahlan, Z., Ningrum, P. P., Fradila, N., Herman, N. A. S., Arfiandini, T., & Chairunnisa, A. M. (2022). Konstruksi Karakter Religius Siswa Usia Dasar Melalui Program Pondok Belajar Pengabdian Mahasiswa UIN Sumatera Utara di Desa Karang Rejo Langkat. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, Vol 9.
Daryanto, & Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.
Dikdasmen, P. A. M. (2011). Pengembangan Al Islam PAUD Aisyiyah. Zikrul Hakim.
Efendy, R., & Irmwaddah. (2022). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 1. 71 Ernawati Harahap, D. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam.
Fadlillah, M., Kristiana, D., & Fadhli, M. (2019). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.362
Hanafi, H., Adu, L., & Muzakir, H. (2018). Profesional Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. CV Budi Utama.
Harms, E. (1944). The Development of Religious Experience in Children. American Journal of Sociology, 50(2), 112–122. https://doi.org/10.1086/219518
Hasanah, U. (2016). Model-Model Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 18–34.
Heri, G. (2012). pendidikan karakter konsep dan implementasi. PT Bumi Aksara.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan, 1(1), 60–71.
Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.
I Ketut Sudarsana, I. W. M. (2018). Pendidikan Karakter untuk AUD | 1.
Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Al Ta Lim Journal, 20(3), 445–450. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41
Jannah, N. R. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yaasiin Di SDN Simpang Tiga Kota Cilegon. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 279– 291. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8083
Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(0).
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi (Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi (Pendidikan Karakter ……) Khaironi. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Khosiin, N. (2021). Metode Penanaman Pendidikan Islam pada Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i2.289
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Muhammadiah, M., 72 Putri, N. K., Putri, H., Uce, L., & Machmudah. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini (S. F. Apt. Wafi Nisrin Ramadhani (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
La Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Mukhtar, N. (2021). Konsep Dasar Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching, 2(2), 237–254. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE
Mustari, M. (2011). Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. 1–13.
Mutiawati, Y. (2019). Moral Knowing ),. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. Najib, M., Wijaya, N. A., &
Sholichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter: Bagi Anak Usia Dini (Cet. 1). Gava Media.
Newman, W. H. (1963). Administrative Action Techniques of Organization and Management. Nuryana, Z. (2017). Revitalisasi Pendidikan al islam dan kemuhammadiyahan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Tamaddun, 1, 1–11. Orang, P., Dalam, T. U. A., Karakter, M., Pada, R., Usia, A., & Listiani, L. (n.d.). Oleh: LIYANA LISTIANI NIM.211117027.
Prasetiya, B., Tobroni, Cholily, Y. M., & Khozin. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Academia Publication.
Purba, A. (2021). Pengajar Profesional: Teori dan Konsep. https://kitamenulis.id/2021/01/21/pengajar-profesional-teori-dan-konsep/ Safri, A. N. (n.d.). Membangun Keagamaan yang Inklusif dan Dialogis ( Reinterpretasi Term al-Islam dalam al-Qur ’ an ). VIII, 1–30.
Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., ‘Ulya, N. K., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179
Setyawan, A., & Wantini. (2018). Optimalisasi Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Sekolah Muhammadiyah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan, 116–122. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10600/Prosiding Seminar Al-Islam %26 Kemuhammadiyahan_13.pdf?sequence=1&isAllowed=y 73
Shohabiya, M., & Anshori, A. (2015). Pengenalan al-islam dan kemuhammadiyahan bagi anak usia dini. 284–298.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian; kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Suriani. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Islam Kemuhammadiyahan Di TK Aisyiyah Mamajang Kota Makassar. Unismuh.Ac.Id. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13662-Full_Text.pdf
Suyadi. (2015). Konsep Dasar PAUD. Rosdakarya. Syah, I. J. (2017). Metode Pembiasaan Sebagai Upaya. 7(1), 104–126.
Tamrin, M. (2019). Al-Islam dan Kemuhadiyahan (AIK) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di NTT). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87. https://doi.org/10.52166/talim.v2i1.129
Copyright (c) 2024 Ainul Pitri, Dwi Hastuti, Dewi Eko Wati, Avanti Vera Risti Pramudyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.