Pengaruh Bermain Kolaboratif dengan Nature Table Montessori untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain kolaboratif dengan nature table terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis pada Taman Kanak (TK) Inklusi . Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian satu orang yang sudah didiagnosa sebagai anak autis. Indikator yang digunakan untuk melihat interaksi sosial adalah kontak mata, respon terhadap nama, inisiasi interaksi serta kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan baseline A1 subyek anak autis masih menunjukkan adanya interaksi sosial yang lemah ketika berinteraksi dengan sesama temannya yang normal. Pada fase intervensi (B), ada perubahan posisi grafik interaksi sosial, dimana terdapat peningkatan interaksi sosial antara A dan teman-temannya. Pada hasil akhir siklus (A2) subyek menunjukkan ada peningkatan kemampuan interaksi sosial bersama anak noral lainnya. Jadi ada pengaruh dengan bermain kolaboratif menggunakan nature table Montessori terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis dalam kelas inklusi.
Downloads
References
Aprilia, T., Yuliati, N., Saputri, S.W.D. (2021). Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2 (2).
Ananda, R. & Fadhilaturrahmi. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi, 2(1). https://journal.obsesi.or.id/index.php/obsesi
Andras, Miranda. (2012). “The Value of Lego Therapy in Promoting Social Interaction in Primary Aged Children with Autism”. Good Autism Practice, 13/2: 17-24. Diakses dari https://www.autismeducationtrust.org.uk/wp-content/uploads/2014/06/Lego-therapy- paper.pdf
Ariin, V. K., Rohendi, E., & Istianti, T. (2018). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Secara Kolaboratif.. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10555
Beghin, Hannah. 2021. “The Benefits of Inclusion for Students on the Autism Spectrum.” BU Journal of Graduate Studies in Education 13(2):2021. Barus, R., Dewi, S., & Khairuddin, K. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kerja Indonesia dan Anak. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 369-376. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.310
Buwani, N.M.P., & Priyanti, N. (2022). Presentasi Menggunakan Metode Montessori Three Period Lesson di TK Putra Pertiwi Ciputat Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Yaa Bunayya, 6 (2).
Curror Anne. (1988). The Nature Table As A Means Of Promoting Environmental Awarenenss. Suider Afr. Tydskr. Omgewingsop. Hr 7.
Chen, Shihui, Yanjie Zhang, Mengxian Zhao, Xiru Du, Yongtai Wang, and Xiaolei Liu. 2022. “Effects of Therapeutic Horseback-Riding Program on Social and Communication Skills in Children with Autism Spectrum Disorder: A Systematic Review and Meta-Analysis.” International Journal of Environmental Research and Public Health 19(21):1–13.
Darojat, F.Z., Laksmiwati, H. (2014). Interaksi Teman Sebaya Pada Anak Autis. Jurnal Character, 2 (3). Psikologi, UNESA
Dewi, R., Inayatillah, Yullyana, R. (2018). Pengalaman Orangtua Dalam Mengasuh Anak Autis Di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 3 (2).
Dewi, R.M., Mailasari, D.U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus, Indonesia, 9 (2).
Ekawati, Yeanny, and Yustina Yettie Wandansari. 2012. “Perkembangan Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Inklusi: Ditinjau Dari Perspektif Ibu.” Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 1–15.
Fernanda, Mistio Mesa, Afrizal Sano, and . Nurfarhanah. 2012. “Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial Dengan Hasil Belajar.” Konselor 1(2):1–8.
Gast, D. L., & Ledford, J. R. (2014). Single subject research methodology in behavioral sciences. Routledge.
Guinchat V, Thors en P, Laurent C, Cans C, Bodeau N , Cohen D. (2012). Pre-, Peri-, and Neona tal Risk Factor for Autism. ACTA Obstetricia et Gynecologica 91: 287-300
Hassani, Fahimeh, Shahnaz Shahrbanian, Seyed Houtan Shahidi, and Mahmoud Sheikh. 2022. “Playing Games Can Improve Physical Performance in Children with Autism.” International Journal of Developmental Disabilities 68(2):219–26.
Huskens, Bibi, Annemiek Palmen, Marije Van der Werff, Tino Lourens, and Emilia Barakova. 2015. “Improving Collaborative Play Between Children with Autism Spectrum Disorders and Their Siblings: The Effectiveness of a Robot-Mediated Intervention Based on Lego® Therapy.” Journal of Autism and Developmental Disorders 45(11):3746–55.
Interaction, Social, Skill Of, Early Childhood, I. N. Among, and Siwi Bantul. 2020. “Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain among Siwi Bantul.” Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1 9(5):396–404.
Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020b). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12–18. https://doi.org/10.31101/jhes.1048
Iswari, M., Efrina, E., Kasiyati, K., & Mahdi, A. (2018). Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 39–42. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.310
Itsna, N. M., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. W.B. Mawson. 2010. Collaborative Play in Early Childhood Education. Additional. edited by Nova. New York: Nova Science Publishers, Inc.
Montessori, Maria. (2008). The Absorbent Mind, Penerjemah Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Montessori, M. (2015). Prinsip Montessori : Panduan Wajib untuk Pendidik dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Penerjemah : Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Montessori, Maria: Gerald Lee Gutek. (2015). Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mudjito, Harizal, Widyarini, Endang, Roswita, & Yang. (2014). Deteksi Dini, Diagnosa Gangguan Spectrum Autisme dan Penanganan Dalam Keluarga. Jakarta: Direktorat PPKLK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar KEMENDIKBUD.
Nasiha, M., dkk. (2022). Kodisi Dan Karakteristik Anak Autisme Di Desa Pematang Johar. Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma , Medan, Indonesia.
Novita, Naomi. (2020). Manfaat Metode Montessori dalam Terapi untuk Anak Autis dan Down Syndrom dalam https://www.liputan6.com/disabilitas/r ead/4195338/manfaat-metode-montessori-dalam-terapi-untuk-anak- autis-dan-down-syndrome. Diakses 21 Agustus 2020.
Nurfadillah, S., Syariah, E.N, dkk. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. Jurnal Bintang : Pendidikan dan Sains, 3(3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurlatifah, Ira. Andini, Rena. (2022). Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Anak Usia Dini Melalui Konseling Transactional Analysis. Al-Akhbar : Jurnal Ilmiah Keislaman, 8 (1).
Pangesti, M. (2015). Terapi bermain untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak autis. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 4(1). https://doi.org/10.22219/procedia.v4i1.16215
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). UAD Press.
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 1, Janurai-Juni 2016.
Ramalho, Naiade Cristina Pereira and Sarmento, Stella Maria de Sa. (2019). Lego Therapy as an Intervention IN Autism Spectrum Disorder: An Integrative Literatur Review. Speech, Language, Hearing, Sciences and Education Journal. 21(2):e9717. http://dx.doi.org/10.1590/1982- 0216/20192129717
Rifayanti, S.A. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa Talenta Kids Salatiga. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia . Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , 13 (1). 2239-2253.
Siti, A., Marlina, E., & Effendy, D. I. (2020). Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis melalui Terapi Applied Behavior Analysis. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(3). https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.1977
Stephen Tomkins & Sue Dale Tunnicliffe (2007) Nature tables: stimulating children's, Journal of Biological Education, 41:4, 150-155, DOI : 10.1080/00219266.2007.9656090
Sunanto, dkk. Penelitian dengan Subyek Tunggal (Bandung:UPI Press, 2006), h.41
Supion, M.S., Mustafa, Usman. (2023). Kemampuan Berkomunikasi Dalam Interaksi Sosial Pada Anak Autis Di UPTD Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Makassar.
Utamy, D., Afiati, E., Conia, P.D.D. (2021). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kolaboratif Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3 (2).
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01). https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08
Widodo, S. A., Cahyani, E. R., & Istiqomah, I. (2020). Single Subject Research : Learning Algebra Operations in Introverted Students. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIP A, 10(2), 133–142. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v10i2.6300
Widodo, S. A., Prihatiningsih, A., & Taufiq, I. (2021). Single subject research: Use of interactive video in children with developmental disabilities with dyscalculia to introduce natural numbers. Participatory Educational Research. https://doi.org/10.17275/per.21.31.8.2
Wijaya, N.C., Suryawati, I.G.A.A., Pradipta, A.D. (2017). Pola Komunikasi Guru di Yayasan Peduli Autisme Bali dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autistik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.
Wulandari D.A., (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. Cirebon: IAIN Syeikh Nurjati. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 4. No 2.
Yanti, O. F., Prahmana, R. C. I., & Fitriyah, F. (2018). Single Subject Research: Pembelajaran Phytagoras Pada Siswa Introvert Kelas VIII. Beta Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 37–49. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i1.147
Yunitasari, S. E., Hendrica, M., Andriyati, N., Maulidina, F. A., Kania, S., & Hasmira, H. (2023). Implementasi Metode Montessori Dalam Pengenalan Literasi Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorder. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2). https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.750
Copyright (c) 2024 Adilah Wina Fitria, Parwoto Parwoto, Muhammad Akil Musi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.