Metode Field Trip Dalam Pengembangan Bimbingan Karir Anak Usia Dini

  • Sri Dasweni Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Annisa Apriliyanti Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Asriyana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Abstract

Tujuan penelitian ini memberikan gambaran metode field trip dalam pengembangan karir anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah 10 guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berasal dari kota Pekanbaru (Riau) 2 orang, kota Banda Aceh (Aceh) 2 orang, kota Pagar Alam (Sumatera Selatan) 4 orang, kota Padang (Sumatera Barat) 2 orang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengembangan bimbingan karir anak usia dini dapat dilakukan dengan metode field trip. Metode field trip dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan karir anak. Metode field trip sangat membantu dalam pengembangan dan pemahaman karir anak usia dini, dimana anak-anak mengetahui mengenai profesi yang mereka lihat, dapat melihat secara langsung tugas-tugas serta tanggung jawab dari profesi di tempat yang mereka kunjungi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran khususnya pengembangan karir pada anak usia dini guru-guru bisa menggunakan metode yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi salah satunya adalah dengan menggunakan metode field trip pada peserta didiknya.

Keywords: Field Trip, Bimbingan Karir, Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia Vera. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). (Jogjakarta: Diva Press, 2012), h. 17
Adhiputra, Anak Agung Ngurap. (2013). Bimbingan Konseling Aplikasi di SD dan TK. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Ahmad Juntika Nurihsa.(2006). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung:PT Rafika Aditama
Ainun Fadillah . (2016). Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Longat Panyabungan Barat. Jurnal Edukasi Kultura 1.
Anisa Tahira, Nuruzahra Luthfillah, Rosma Bella Hindayanti, Tia Salmah Paujiah, Purwati, Heri Yusuf Muslihin.(2023). Pelaksanaan Field trip sebagai Upaya Program Parenting di PAUD. Early Childhood: Jurnal Pendidikan Vol. 7 No. 1
Dewa Ketut Sukardi. (2010). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Dirjen PAUDNI Kemdiknas. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD Kemdiknas
Khaironi, M. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92– 105.
Lexy J. Meleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muslihuddin, dkk. (2012). Revolusi Mengajar. Bandung: HPD Press
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. PT Remaja Bandung: Rosdakarya.
Patmi Yati. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Jurnal Lentera, Vol. Xviii, No. 1
Permendiknas No.58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Pusat Kurikulum, Standar dan Bahan Ajar PAUD Formal CET.1. (2007). Jakarta: Balitbang Depdiknas
Rizki Amalia. (2018). Buku Ajar Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Roestiyah. dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Romlah, T. (2006). Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sakinah, N. B., Khaeriyah, E., & Ulfah, M. (2018). Implementasi Program Parenting dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Unisa Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 173–182.
Sean Marta Efastri & Sri Dasweni. (2021). Permasalahan Anak Usia Dini Perspektif Bimbingan Konseling . Palembang: Bening Media Publishing.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Press
Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Ulfah,M. dkk. (2022). KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education p-ISSN: 2621-0339 |e-ISSN: 2621-0770, hal. 177-187 Vol. 5, No. 2
Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Renika Cipta.
Published
2023-12-28
Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 140 times