Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Gunung Meletus Untuk Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan naturalis pada anak melalui percobaan gunung meletus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre ekperimental dengan tipe one group pretest posttest desain. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas anak B yang berada di TK Lely Medan yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 64 dan nilai rata-rata posttes sebesar 84,67, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 20,67 dan besar rata-rata uji n-gain score sebesar 0.56 atau 56.66% dan termasuk kapada kriteria sedang. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ekperimen gunung meletus dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Lely Medan.
Downloads
References
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.
Ampang, K., Barat, S., Yansen, F., Mossfika, E., & Elfia, L. (2023). Pembelajaran Sains Melalui Mini Praktikum untuk Anak Usia Dini dan Usia Sekolah di Rumah Pintar Kreatif Ampang ,. September, 557–561.
Didith Pramunditya Ambara, E. a. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. Graha Ilmu.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Gramedia.
Jeong-Ah. (2014). Pintar Sains 4. PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Luluk Iffatur Rocmah, & Nur Hidayatus Sholihah. (2020). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2510
Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Ya Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67–82. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya.
Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk Ruang Lingkup, Indikator, dan Pengembangannya. Kencana.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wulan, D. S. A. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Realia di TK Al Hidayah Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25650
Zulfa Fauziah, Yuyun Yulianingsih, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1).
Copyright (c) 2023 Cindy Cinthia, Hariyanti Hariyanti, Ikmalul Hikmah, Nurul Anisa, Widya Ismayani, Wiwik Indah Handayani, Masganti Sit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.