Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Gunung Meletus Untuk Anak Usia 5-6 Tahun

  • Cindy Cinthia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hariyanti Hariyanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ikmalul Hikmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Anisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widya Ismayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wiwik Indah Handayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan naturalis pada anak melalui percobaan gunung meletus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre ekperimental dengan tipe one group pretest posttest desain. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas anak B yang berada di TK Lely Medan yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 64 dan nilai rata-rata posttes sebesar 84,67, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 20,67 dan besar rata-rata uji  n-gain score sebesar 0.56 atau 56.66% dan termasuk kapada kriteria sedang. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ekperimen gunung meletus  dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di TK Lely Medan.

Keywords: Kecerdasan naturalis, Metode eksperimen, Gunung meletus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Ampang, K., Barat, S., Yansen, F., Mossfika, E., & Elfia, L. (2023). Pembelajaran Sains Melalui Mini Praktikum untuk Anak Usia Dini dan Usia Sekolah di Rumah Pintar Kreatif Ampang ,. September, 557–561.

Didith Pramunditya Ambara, E. a. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. Graha Ilmu.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Gramedia.

Jeong-Ah. (2014). Pintar Sains 4. PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Luluk Iffatur Rocmah, & Nur Hidayatus Sholihah. (2020). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2510

Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Ya Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67–82. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya.

Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk Ruang Lingkup, Indikator, dan Pengembangannya. Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulan, D. S. A. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Realia di TK Al Hidayah Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25650

Zulfa Fauziah, Yuyun Yulianingsih, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1).

Published
2023-12-27
Abstract viewed = 130 times
pdf downloaded = 64 times