Kegiatan Market Day Dalam Penanaman Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini

  • Aulia Rahmi Aulia Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Menyematkan prinsip-prinsip kewirausahaan pada anak memiliki signifikansi yang besar. Sekolah Alam Babel mengadakan kegiatan market day sebagai bagian dari program "Pengusaha Kecil," yang bertujuan mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak-anak sejak usia dini. Fokus kegiatan ini bukan hanya pada market day, melainkan juga melibatkan anak-anak dalam persiapan, pengemasan produk, dan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkap kondisi nyata dalam meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan melalui kegiatan market day di Sekolah Alam Babel. Hasil  kegiatan market day dapat dijadikan sebagai sarana penanaman nilai-nilai kewirausahaan sejak dini setelah lulus mereka bukan lagi pencarikerja, melainkan membuka lapangan pekerjaan. Tentu saja, dengan menerapkan metode yang simpel dan mudah dimengerti oleh anak-anak, ini mencakup market day, yang melibatkan beberapa langkah, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, persiapan kegiatan, pelaksanaan, hingga penilaian dan evaluasi. Tahapan market day, ditekankan pula pengembangan nilai-nilai kewirausahaan seperti kemandirian, sikap kreatif, nilai kepemimpinan, dan kemauan untuk mengambil risiko, kemampuan kerja nyata dan pekerja keras.

Keywords: Anak Usia Dini, Nilai Berwirausaha, Market Day

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. 2008. Aplikasi Statistika Dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Dan Manajemen. bandung: Dewa Ruchi.

Aryenis, Aryenis. 2018. “Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 5 (2): 47–60. https://doi.org/10.24036/103726.

Buahana, Baiq Nada. 2020. “Persepsi Orangtua Tentang Bermain Berisiko Pada Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 7 (1): 23–31. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6834.

Fithriyana, Rinda. 2016. “Peningkatan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Budidaya Pada Anak Usia Dini Di TK Taqifa Bangkinang Kota Tahun 2016.” JURNAL PAUD TAMBUSAI 2 (2): 26–35. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.39.

Hasan, Muhammad. 2018. “Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 1 (1): 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063.

Hidayah, A R., D. Hediyati, and S W. Setianingsih. 2018. “Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling.” Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital 1 (1): 109–14. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573.

Istiningtyas, Anita, and Wahyuningsih Safitri. 2020. “Upaya Melatih Jiwa Kepemimpinan Pada Anak Usia Dini Melalui Big Puzzle.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu 2 (3): 124–27. https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Abdi/article/view/UPAYAMELATIHJIWA.

Moleong, J. L. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Rosdakarya.

Muhammad Ghozali, Rahayu Apriyadayanti. 2022. “Market Day Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Kewirausahaan Pada Anak.” JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT 1 (2): 90–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i2.23741.

Putri, Nadyah Amelia. 2023. “Menerapkan Jiwa Entrepeneur Melalui Kegiatan Market Day Bagi Siswa Di UPT SD Negeri 206 Gresik Proses Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Diantaranya Adalah :” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1 (6). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2920.

Rochmah, Siti Noor, Ipah Hanipah, Nurmaya Sofiana, Article Info, Siti Noor Rochmah, and Univeristas Sebelas April. 2022. “Kegiatan Market Day Untuk Mengenalkan Literasi Keuangan Anak Usia Dini.” Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA) 6 (2): 145–51.

Sa’diyah, Rika. 2017. “PENTINGNYA MELATIH KEMANDIRIAN ANAK.” Kordinat XVI (1): 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453.

Siwiyanti, Leonita. 2017. “Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day Embedding the Entrepreneurship Values through Market Day Activity.” GOLDEN AGE 1 (1): 15–17. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861.

Sugianti, Sari, Radeni Sukma Indra Dewi, and Siti Maemunah. 2020. “Upaya Menumbuhkan Enterpreneurship Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Pada Kelompok B TK Aqila Yasmin Ceper Klaten.” Sentra Cendekia 1 (2): 52–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/sc.v1i2.1296.

Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Wahyuni, Arisna, and Suyadi. 2020. “Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di TK Khalifah Baciro Yogyakarta.” Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1): 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.15-22.

Yuwono, Wisnu. 2021. “Konseptualisasi Peran Strategis Dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Pendekatan Systematic Review” 5 (2): 1419–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663.

Published
2024-05-27
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 33 times