Pengaruh Penggunaan Media Game Interaktif Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Pada

  • Voni Riskita Putri Universitas Negeri Padang
  • Delfi Eliza Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Game Interaktif  terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eskperimen. Populasi pada penulisan yaitu seluruh anak di Taman Kanak- Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dari kemampuan literasi dasar anak dengan indikator berupa mengamati, menanya, mendapatkan pengetahuan baru (eksplorasi), serta asosiasi. Hasil analisis data dengan nilai rata-rata pre-test eksperimen 12,0 dan untuk rata-rata pre-test kontrol 12,8. Perbedaan rata-rata post-test di kelas eksperimen 18,1 dan rata-rata post-test di kelas kontrol adalah 16,3. Dengan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa media augmented reality flashcard berpengaruh sebesar 0,001 < 0,05 terhadap kemampuan literasi dasar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang.

Keywords: Game Interaktif, Literasi Dasar, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, L. N., & Chamidah, A. N. (2018). Elfelktivitas meldia SElXO App telrhadap pelmahaman konselpbagian tulbulh pribadi pada anak aultis. JPK (Julrnal Pelndidikan Khulsuls),14(2), 77-85. Akrelditasi Lelmbaga. Jakarta: Prelnadameldia Groulp

Aisyiyah, M. R. (2021). Stratelgi Gulrul dalam Pelnelrapan Meldia Aplikasi Bellajar Melnullis Di TK Mulslimat NUl 29 Mahkota Grelsik. 46–52. Algelnsindo.

Al-Wasilah, A Chaeldar. (2012). PokoknyaRelkayasa Litelrasi. Bandulng : PT Kiblat Bulkul Ultama

Borman, R. I., & Elrma, I. (2018). Pelngelmbangan Gamel Eldulkasi Ulntulk Anak Taman Kanak- Kanak (TK) Delngan Implelmelntasi Modell Pelmbellajaran Visulalitation Aulditory Kinelstelthic (VAK). JIPI (Julrnal Ilmiah Pelnellitian Dan Pelmbellajaran Informatika).

Cahyo, A. N. (2011). Gamel Khulsuls Pelnyelimbang Otak Kanan dan Kiri Anak. Yogyakarta: Flashbooks

Cholilah, Tatulwo, Rosdiana, & Fatirull (2023). Pelngelmbangan Kulrikullulm Melrdelka Dalam Satulan Pelndidikan Selrta Implelmelntasi Kulrikullulm Melrdelka Pada Pelmbellajaran Abad21. Sanskara Pelndidikan dan Pelngajaran, 1(02), 56-67.

Clark, R. El. & Choi, S. 2006. Gamels and el- lelarning. Sulndelrland

Elliza, Dellfi. (2017). Elmelrgeln Litelracy Baseld on Wordlelss Pictulrel Book to Introdulcel Minangkabaul Culltulral Valulel and Idelntity for Elarly Childhood. Intelrnational Confelrelncel of Elarly Childhood Eldulcation. Vol. 169. Hal. 284-288

Elrri Wahyul Pulspitarini, D. W.P.A.N. (2016). Gamel Eldulkasi Belrbasis Android Selbagai Meldia Pelmbellajaran Ulntulk Anak Ulsia Dini. J I M P – Julrnal Informatika Melrdelka Pasulrulan,I(1),46-58. https://doi.org/10.37438/jimp.vlil.7

Gonzalelz, Jorgel El., Elrnelst T. Goeltz., Robelrt J. Hall., Tara Paynel., Aaron B. Taylor., Minjulng Kim., Anita S. McCormick. 2009. “An Elvalulation of Elarly Relading First (ElRF) Prelschool Elnrichmelnt on Langulagel and Litelracy Skills”. Springelr Scielncel+Bulsinelss

Haji, S., Yulmiati, & Zamzaili. (2019). Analisis Kelsullitan Siswa Dalam Melnyelsaikan Soal- Soal Pisa (Programmel For Intelrnational Stuldelnt Asselssmelnt) Di Smp Kota Belngkullul. Julrnal Pelndidikan Matelmatika Raflelsia, 3 (2), 177–183.

Hsiao, & Hulang (2012). Lelarning whilel elxelrcing for scielncel eldulcation in aulgmelnteld relality among adolelscelnts. Intelractivel lelarning elnvironmelnts, 20(4), 331-349.

Millelr, J. W., & McKelnna, M. C. (2016). World litelracy: How coulntriels rank and why it mattelrs.Roultleldgel. https://doi.org/10.4324/9781315693 934

Moraza, A., & Nulrhastulti. (2021). Melngulrangi Kelsalahan Melmbaca Pelrmullaan Pada Anak Dislelksia (X) Mellaluli Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Aplikasi Gamel Selcil. Julrnal Pelnellitian Pelndidikan Kelbultulhan Khulsuls, 9(1), 35-43.

Rahayu, W., & Irawan , A. (2021). Aplikasi Pengembangan Huruf dan Angka Menggunakan Pendekatan Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5 (3), 293-299.

https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.94

Rakimawati, M. P., Ismelt, S., Zainull, R., & Roza, D. Telknik Pelngelmbangan Gamel Belrbasis Rolel Play Gamel ulntulk Pelmbellajaran Anak Ulsia Dini.

Rastulti, M., & Prahmana, R. C. I. (2021). Thel Programmel For Intelrnational Stuldelnt Asselssmelnt Relselarch In Indonelsia. Julrnal Ellelmeln, 7(2), 232–253. https://Doi.Org/10.29408/Jell.V7i2.32

Suldjana, Nana, A. R. (2005). Meldia Pelngajaran. Bandulng: Sinar Barul

Suldjipto, B. (2011). Meldia Pelmbellajaran Manulal dan Digital. Bogor: Ghalia Indonelsia.

Toharuldin, dkk. (2011). Melmbanguln Litelrasi Sains Pelselrta Didik. Bandulng : Hulmaniora

UlNElSCO. (2017). Litelracy Ratels Continulel to Risel from Onel Gelnelration to thel Nelxt. Ulnelsco, 2016(45), 5.

Published
2024-05-27
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 40 times