Pengaruh Alat Permainan Edukatif Berbasis Bahan Lingkungan Sesuai Karakteristik Daerah Terhadap Minat Belajar Anak
Abstract
Minat belajar pada anak usia dini merupakan pondasi awal dalam melakukan perbaikan generasi di dunia pendidikan. Minat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap anak usia dini, dengan minat belajar yang tinggi anak akan tertarik mencari tahu, sebaliknya rendahnya minat belajar anak tidak akan malas mencari tahu. Minat belajar anak usia dini akan timbul apabila terdapat rangsangan dari luar, salah satunya dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) yang menarik. Mengacu pada kurikulum PAUD yang berbasis tematik dan kontekstual, pengadaan APE yang efektif dan efisian harus disesuaikan dengan karakterik lingkungan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen desain dengan model Nonequivalent Control Grup Design. Adapun sampel yang digunakan mencakup Lembaga PAUD yang ada di kota Gorotalo. Dari perhitungan uji analisis dengan memilih uji independent sampel test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari pada 𝛼 (0,05), sedangkan dari hasil thitung diperoleh nilai sebesar (3.197) > dari ttabel (1,771). Karena nilai Sig (2-tailed) < α atau thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Lingkungan Sesuai Karakteristik Daerah Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di Daerah Teluk Tomini Gorontalo.
Downloads
References
Undang-Undang. 2014. Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bandung: Citra Umbara.
Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Sujiono, Yuliani, Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
Zaman, Badru, dkk. 2006. Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Taman Kanak-Kanak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Es, Hendayani . 2009. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif ( APE ) Dalam Pembelajaran Paud Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Bandung: STKIP Siliwangi.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta.
Hurlock, Elizabeth B. 1993. Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Syamsuardi, 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman KanakKanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Pemikiran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan. Volume 11, Nomor 1, hlm. 59-67. Diakses tanggal 14 Mei 2021. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/1586
Khobir, Abdul. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah. Volume 7, Nomor 2, hlm. 195-208. Diakses tanggal 31 Oktober 2020. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3
Hijriati. 2017. Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume III, Nomor 2, hlm. 59-69. Diakses tanggal 4 Desember 2020. https://www.jurnal/arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1699/1246
Yukananda,Ria, dkk. Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul Siswa Kelas II SDN Lemahduwur Sumber, (PGSD FKIP UNS, Kebumen:TT), h.2.
Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya , (Jakarta: PT Bumi Aksara,2011),
Hasanah, Nur. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3 Dimensi
Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di Kelompok B RA Baitul Islah Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Jurusan Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Bengkulu. Diakses tanggal 5 Desember 2020. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4377.
Copyright (c) 2023 Sri Rawanti, Yenti Juniarti, Pupung Puspa Ardini, Rifda Mardian Arif, Waode Eti Hardianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.