Asesmen Perkembangan Anak di Era Merdeka Belajar
Abstract
Asesmen merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memberikan penilaian terhadap perkembangan individu anak. Melalui proses asesmen, dapat diketahui tingkat kemajuan dan perkembangan setiap anak. Hal ini terjadi karena proses penilaian dilakukan terhadap setiap aspek perkembangan anak usia dini. Proses penilaian dilakukan secara paralel dengan proses pembelajaran. Pelaksanaan penilaian perkembangan pada era merdeka belajar dibedakan menjadi penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif. Penilaian dapat menunjang pembelajaran karena hasil penilaian dapat mengidentifikasi kebutuhan siswa dan menyesuaikannya dengan proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi di lembaga taman kanak-kanak dalam menilai perkembangan anak dengan menggunakan konsep belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe fenomenologis yang bertujuan untuk memperoleh data mendalam mengenai perubahan kurikulum yang dapat mengubah penilaian tumbuh kembang anak. Hasilnya adalah kegiatan penilaian Taman Kanak-kanak PH dan SK mulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan melalui tiga jenis penilaian yaitu diagnostik, formatif, dan sumatif. Instrumen assesmen berupa checklist, catatan anekdot, hasil kerja dan foto berseri. Proses pelaporan kepada orang tua dilakukan agar orang tua dapat mengetahui pencapaian perkembangan anaknya. Foto berseri merupakan intrumen yang paling sulit dilakukan. Membagi tanggungjawab dengan guru lain merupakan solusi yang dilakukan oleh kedua TK ini.
Downloads
Copyright (c) 2023 Mardiyana Faridhatul Anawat, Ajeng Rizki Safira, Rosal Riski Ali Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.