Implementasi Topik Identitas Diri dan Profil Pelajar Pancasila pada Kelompok KGB TK Joykids National Plus

  • Elan Elan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Qonita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Serfa Az-Zahra Sakinah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pengenalan identitas diri dan profil pelajar pancasila menjadi satu kesatuan yang utuh untuk dikembangkan. Permasalahan yang muncul yaitu pendidik kurang memahami dalam implementasi proyek yang sesuai dalam pelaksanaan dan penilaiannya. Adanya perubahan kurikulum lembaga sekolah perlu melakukan adaptasi dalam menerapkan kegiatan pembelajaran, peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka merupakan inovadi kurikulum yang mengutamakan kebebasan belajar dan pembelajaran berbasis proyek. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik yang mendeskripsikan mengenai implementasi projek profil pelajar pancasila dan topik identitas diri di TK Joykids National Plus. Penelitian ini memanfaatkan analisis data sekunder dan primer untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi projek profil pelajar pancasila direalisasikam kedalam bentuk projek mingguan dan projek akhir. Proyek tersebut mengacu terhadap enam dimensi profil pancasila berupa implementasi nilai-nilai pancasila secara konkret.

 

Keywords: Identitas Diri, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Ginanto, D., & Felicia, N. (2022). Pembelajaran dan Asesmen. In Kemendikbudristek. Kemendikbudristek.

Asy’ari, F. H., Sariyatun, & Rejekiningsih, T. (2022). Memperkuat Identitas Nasional di Abad 21 Melalui Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(1), 170–177. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/795

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Dr. Masganti Sit, M. A. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media.

Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum PAUD pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. NANAEKE Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 1(1), 1–12.

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.

Hartanti, J. (2018). Konsep Diri. Universitas PGRI Adi Buana.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (A. Dharma (ed.); 6th ed.). Erlangga.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.

Khan, R. I. (2021). Urgensi Pendidikan Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 9(1), 42–48. https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/266

Kiling, B. N., & Kiling, I. Y. (2015). Tinjauan Konsep Diri Dan Dimensinya Pada Anak Dalam Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 116. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1811

Maini Sitepu, J., & Sari Sitepu, M. (2021). Perkembangan Konsep Diri Anak Usia Dini Di Masa Pandemic. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 2021, 402–409.

Nua, A., & Ngura, E. T. (2022). Pentingnya Konsep Diri Untuk Peningkatan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. 1, 274–282. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development ( ZPD ) Dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92.

Sufyadi, S., Yani Harjatanaya, T., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Published
2023-12-23
Abstract viewed = 82 times
pdf downloaded = 82 times