Dampak Pemberian Hadiah Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang

  • Retno Jeki Krisnadina Lopo Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pemberian hadiah terhadap perilaku sosial anak di kelompok B PAUD Laismanekat Nasipaf Kupang.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah 2 orang pendidik kelas B dan 1 pengelola PAUD serta subjek observasi adalah anak kelas B PAUD Lasiana Nasipanaf Kupang. Hasil penelitian ini adalah  pemberian hadiah diberikan segera saat anak menunjukkan perilaku yang diharapkan; hadiah berupa benda tidak diberikan dalam jangka waktu lama pada anak karena akan menmbulkan ketergantungan pada hadiah; hadiah nonverbal yang sifatnya bahasa tubuh seperti pelukan, sentuhan, acungan jempol, dapat diberikan selamanya dan sangat membantu proses tumbuh kembang anak dan; pemberian hadiah perlu disertai kalimat yang jelas pada anak perilaku mana yang layak mendapat hadiah. Sedangkan aspek Perilaku Sosial anak, bahwa anak-anak memiliki sikap kerja sama dalam bermain, bersikap sopan saat berdoa. Selain itu anak-anak juga memiliki rasa simpati dan empati seperti menolong dan membujuk teman serta ikut merasakan apa yang dirasakan oleh temannya.

Keywords: Anak Usia Dini, Pemberian Hadiah, Perilaku Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, M. Mariyati.(2021). Meningkatkan

Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. 5 (2), 2101-2113.

Astir. T, Aisyah Siti N, Sari. D.A. (2020).

Tanggapan Guru PAUD Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhny Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Social Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study. Vol. 01, Nomor 02, September 2020 DOI:http://dx.doi.org/10.33853/jecies.v1i2.

Barlow, H.D., & Durand, V.M. (1995).

Abnormal Psychology. Amerika Serikat: Brook/Cole Publishing Company.

Christina Widhya Utami. (2013). Manajemen

Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Djamarah, Syaiful I Belajar Bahri. (2011).

Psikolog Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hapsari, R. P. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a Di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91-102.

Rosyid, M. Z. (2018). Reward & punishment

dalam pendidikan. Literasi Nusantara.

Sulistyawati, E., & Tesmanto, J. (2021). Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak Di PAUD Darul Amani Kosambi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 511-517.

Syamsuarni, & Eliza, D. (2020). The Development

of Kato Nan Ampek Picture Storybook Models Through Literacy of Minangkabau Culture to Develop the Character During Early Childhood. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019).

Published
2023-12-27
Abstract viewed = 55 times
pdf downloaded = 53 times