Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us Djuko Universitas Negeri Gorontalo
  • Vika Hastina Ajam Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media tanah liat terhadap kreativitas anak usia dini kelompok A di TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tanah liat terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok A TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo. Teknis analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tara-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 24,2. Sedangkan data post-test  memperoleh nilai rata-rata 38,2. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (α) = 0.05 diperoleh ttabel = 2.131 Kemudian diperoleh nilai thitung = 34,303. Jadi thitung ≥ ttabel, 34,303 ≥ 2.131 dengan kata lain thitung > ttabel Maka Ho ditolak dan Hi diterima, dengan demikina maka hipotesis diterima artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Media Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A di TK Negeri 12 Kartini Wonosari Kabupaten Boalemo Gorontalo.

Keywords: Penggunaan Media Tanah Liat, Kreativitas, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianti, N. (2020) “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 tAHUN Melalui Bermain Tanah Liat,” (1), hal. 1–14.

Arianti, P.E. (2019) “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Dikelompok B2 Paud Islam Terpadu Anak Mandiri Kota Palu,” Skripsi, 3(1), hal. 1–76.

Arini, I. dan Fajarwati, A. (2020) “Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini,” JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), hal. 117–126. Tersedia pada: https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3.

Azizi, N.N. (2021) “Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Ekstrakurikuler Kriya Di Paud Islam Makarima Pada Tahun 2020/2021,” Skripsi, 3(2), hal. 1–111.

Desi, S. dan Jaya, I. (2021) “Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk Tanah Liat Di Taman Kanak-kanak,” Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), hal. 76–88. Tersedia pada: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.816.

Dheana, M.N. (2020) “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Penggunaan Media Bermain Plastisin Pada Anak Usia Dini Kelompok B Al Lail Di Ra Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2019/2020,” hal. 1–81.

Fitri, Y.M. dan Mayar, F. (2019) “Eksistensi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK,” Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), hal. 18–23.

Hanita, H. dan Memelina, A. (2021) “Peran Orang Tua dalam Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran di Rumah pada Anak Usia Dini,” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), hal. 43–50. Tersedia pada: https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.495.

Husna, K. (2022) Mengembangkan kreativitas Anak Melalui Teknik Membustir dari Tanah Liat pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori’in Jember Tahun Ajaran 2021/2022.

Maisarah, A. dkk. (2020) “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat,” Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), hal. 46–54. Tersedia pada: https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.7.

Mutiah, E. dan Srikandi, S. (2021) “Konsep Pengembangan Kreativitas Aud,” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(1), hal. 1–15. Tersedia pada: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3464.

Ningsih, M.F. dkk. (2014) “Peningkatan kreativitas melalui bermai balok pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Insan,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), hal. 1–10.

Nurfajria, I.S. (2017) “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membentuk Menggunakan Media Tanah Liat Di Kelompok B Tk Ar-Rofi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Ar-Rofi Bantargebang-Bekasi),” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), hal. 23. Tersedia pada: https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4641.

Nursifa, A. (2019) “Peningkatan Kreativitas Melalui Permainan Clay PadaPaud Al Musfiroh Cidokom-Bogor.”

Pamilia, R. dkk. (2019) “Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membentuk di TK Bungong Seuleupoek Banda Aceh,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), hal. 1–23.

Rahayu, I. dan Mayar, F. (2019) “Pengaruh Tanah Liat Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Tanjung Aur Padang,” Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), hal. 32–40. Tersedia pada: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.47.

Rodiyah, W.I. (2019) “Implementasi Penggunaan Metode Bermain Dengan Media Plastisin Untuk Kreativitas Anak Di Ra Kalimosodo Manisharjo Sukoharjo Tahun 2018/2019,” Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), hal. 18–23.

Sari, B.M. (2022) “Pengaruh Pasir Terhadap Perkebangan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Kasih Ibu Semidang Aji Baturaja,” Skripsi, hal. 1–26. Tersedia pada: http://www.nber.org/papers/w16019.

Supriatna, M.A. (2018) “Penggunaan Tanah Liat Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Bentuk Dasar Tiga Dimensi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini,” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hal. 45–50. Tersedia pada: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10495.

Suryana, D. dan Desmila (2022) “Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok,” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), hal. 143–153. Tersedia pada: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632.

Published
2023-12-24
Abstract viewed = 83 times
pdf downloaded = 54 times