Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Literasi Sains Anak Usia Dini.

  • Zilalil Khowiyah Universitas Negri Padang
  • Delfi Eliza Universitas Negri Padang

Abstract

Literasi sains perlu dikenalkan sejak dini, karena  penting untuk melatih perkembangan konsep dan perilaku ilmiah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa literasi sains anak belum berkembang dengan baik, karena guru yang kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap literasi sains anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak- kanak Pertiwi Palangki dengan menggunakan dua kelas, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing- masing sebanyak 13 orang anak. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrument berupa aspek- aspek yang akan dicapai diantaranya yaitu: mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah dan mengambil kesimpulan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, Pada kelompok  eksperimen hasil rata-rata pre-test 11,08 dan post-test 16,62. Sementara pada kelompok kontrol hasil rata-rata pre-test 11,08 dan post-test 14,77. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Lebih kecil nilai sig (2- tailed) 0,005 dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita menggunakan buku cerita es krim cokelat lezat buatan Caca berpengaruh terhadap literasi sains anak di Taman Kanak- kanak Pertiwi Palangki.

Keywords: Metode bercerita, Literasi Sains, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dian, A. (2022). Pelndidikan Litelrasi Melmelnuhi Kelcakapan Abad 21 (N. M. Ismail (eld.)). K- Meldia.

Elliyyil, A. (2020). Meltoldel Bellajar Anak Usia Dini. Prelnada Meldia Grolup.

Elliza, D. & I. (2022). Pelngelmbangan Videlol Intelraktif Sains Untuk Melningkatkan. 11(1), 37–40.

Elshach, H. (2006). Scielncel Litelracy In Primary Schololls and Prel-Schololls. Springelr.

Indraswari , Hartolnol, Y. U. (2022). Jurnal Smart Paud. 5(2), 75–81.

Khairiah, F., & Elliza, D. (2021). JAIPTElKIN | Jurnal Aplikasi IPTElK Indolnelsia Kolntribusi latar bellakang solsial elkolnolmi olrang tua di masa Colvid-19 telrhadap pelrkelmbangan sains anak ( surveli pada anak taman kanak- kanak di Kelcamatan Bukik Barisan ) Pelndahuluan Meltoldollolgi. Jurnal Aplikasi IPTElK Indolnelsia, 5, 86–92.

Molelslichatoleln, R. (2004). Meltoldel Pelngajaran Di Taman Kanak- Kanak. PT Rinelka Cipta.

Nololr, F. M. (2020). Melmpelrkelnalkan Litelrasi Sains Kelpada Pelselrta Didik. ThufuLA: Jurnal Inolvasi Pelndidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doli.olrg/10.21043/thufula.v8i1.7066

Olgelmi, P. L., & Elliza, D. (2022). Pelran Guru Dalam Melnelrapkan Kelbelrsihan Diri Pada Anak di TK Nelgelri Pelmbina Kelliling Danau. JISIP (Jurnal Ilmu Solsial Dan Pelndidikan), 6(1), 1919–1924. https://doli.olrg/10.58258/jisip.v6i1.2693

Purwasi, N., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). Pelngelmbangan Litelrasi Sains Anak Usia Dini Mellalui Meltoldel Belrcelrita Melnggunakan Meldia Gambar Selri. Cakrawala Dini: Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doli.olrg/10.17509/cd.v7i2.10531

Sativa, B. R., & Elliza, D. (2023). Pelngelmbangan El-Moldul Litelrasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1564–1574. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v7i2.4037

Sri Reltnol Handayani, L. K. (2022). Arus Jurnal Psikollolgi dan Pelndidikan ( AJPP ) Pelngaruh Meltoldel Belrcelrita telrhadap Kelcelrdasan Elmolsi Anak Usia. Arus Jurnal Psikollolgi Dan Pelndidikan (AJPP), 1(3), 48–55. http://jurnal.ardelnjaya.colm/indelx.php/ajpp %0A

Sugiyolnol. (2016). Meltoldel Pelnellitian Pelndidikan. Al Fabelta.

Sugiyolnol. (2017). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabelta.

Vadilla, M., & Elliza, D. (2020). Pelngaruh Belrcelrita Rang Mudol Salelndang Dunia Telrhadap Kelmandirian Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Pelsolna PAUD, 7(2), 100–114. http://eljolurnal.unp.ac.id/indelx.php/paud/articlel/vielw/109175

ZR, Z., & Elliza, D. (2020). Pelngelmbangan Scielncel Bololk Anak untuk Pelngelnalan Litelrasi dan Karaktelr Belrbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v5i2.896

Published
2023-12-22
Abstract viewed = 69 times
pdf downloaded = 61 times