Pengembangan Desain Media Pembelajaran Motorik Halus Berupa Maze di Telkom Schools Daycare Dayeuh Kolot

  • Nurul Fitriana Bahri Telkom University
  • Meuthia Salsa Billa
  • Dandi Yunidar Telkom University

Abstract

Motorik halus merupakan kemampuan penting dalam perkembangan anak-anak, yang melibatkan koordinasi mata dan tangan, kreativitas, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa maze yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak di Telkom Schools Daycare Dayeuh Kolot. Penelitian ini menerapkan pendekatan pengembangan desain yang melibatkan analisis kebutuhan, desain konten dan tampilan yang sesuai dengan karakteristik anak-anak usia dini, pengembangan media pembelajaran maze, implementasi di lingkungan Daycare, serta evaluasi efektivitasnya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran maze berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak secara signifikan. Hasil penelitian ini adalah analisis keefektifan hasil penggunaan desain alat permainan edukatif berbentuk maze dengan konsep memberi makan hewan yang digunakan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini di Telkom School Daycare. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan motorik halus di Telkom School Daycare Dayeuh Kolot serta dapat diadopsi sebagai model pembelajaran interaktif di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini lainnya.

Keywords: Learning Tool, Children Education, Educational Toy, Maze

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, M., Sujiono. B., Aisyah, S., (2020). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya.

Anggalia, A., & Karmila, M, (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang.

Creswell, J. W. (2013). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Palgunadi, B. (2008). Disain Produk 3 : Aspek-aspek Desain. Bandung: ITB.

Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia DIni. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Published
2023-12-26
Abstract viewed = 52 times
pdf downloaded = 57 times