System Thinking Pada Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Casnan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Heti Triwahyuni
  • Meliani Gumelarsari TK Triwala
  • Gina Purwanti Pusat Sains Indonesia
  • Irman Firmansyah System Dynamics Center

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah implementasi sistem thinking dalam pemebelajaran untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, untuk membantu anak-anak mengatasi berbagai tantangan dan berkembang secara optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi system thinking dalam pembelajaran bagi anak usia dini memberikan pemahaman yang holistik, pemecahan masalah yang lebih efektif, pengembangan kemampuan analitis, peningkatan keterampilan kritis, pengenalan konsep interkoneksi dalam kehidupan, peningkatan kemampuan merencanakan dan mengantisipasi, kreativitas dalam solusi, pengembangan keterampilan sosial.

Keywords: system thinking, metode penelitian kualitatif, konsep interkoneksi, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-06
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 59 times

Most read articles by the same author(s)